Wisata Dunia

Hotel Ruang Angkasa Pertama akan Beroperasi pada 2027

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Kamis, 04 Maret 2021
Hotel Ruang Angkasa Pertama akan Beroperasi pada 2027
Voyager Class Space Station akan menjadi hotel ruang angkasa pertama di dunia. (Foto: Voyager Station)

SEBUAH hotel bernama Voyager Class Space Station akan menjadi hotel ruang angkasa pertama di dunia. Melansir informasi dari laman UNILAD, hotel ini dikatakan dapat menampung sekitar 400 tamu. Seperti hotel pada umumnya yang menawarkan beragam fasilitas, hotel 'amibisius' ini dikabarkan juga akan dilengkapi dengan bar, restoran, bioskop, hingga spa.

Baca juga:

Balon Hi-Tech Ini Akan Mengantarkan Pelancong ke Ruang Angkasa

Hotel Ruang Angkasa Pertama akan Beroperasi pada 2027
Rencana ruang kamar hotel Voyager Class Space Station. (Foto: Voyager Station)

Orbital Assembly Corporation (OAC), perusahaan yang membangun Voyager Class mengatakan, proses pembangunan hotel akan dimuai pada 2025 dengan tujuan dapat beroperasi dua tahun setelahnya yakni pada 2027.

OAC adalah perusahaan yang berfokus pada penjelajahan ruang angkasa. Hal ini juga yang mungkin menjadi tujuan perusahaan untuk pembangunan hotel Voyager Class Space Station. Dikatakan dalam laman resimi perusahaan, stasiun berputar tersebut dirancang untuk menghasilkan berbagai tingkat gravitasi buatan dengan meningkatkan atau menurunkan kecepatan laju putaran.

Baca juga:

NASA Menghabiskan Rp2,6 Triliun Untuk 'Hotel' Bulan

“Stasiun ini akan dirancang untuk mengakomodasi badan antariksa nasional yang melakukan penelitian gravitasi rendah dan wisatawan antariksa yang ingin merasakan kehidupan di stasiun ruang angkasa dengan kenyamanan gravitasi rendah dan nuansa hotel yang bagus”, terang laman perusahaan lebih lanjut.

Hotel Ruang Angkasa Pertama akan Beroperasi pada 2027
Bar, restoran, bioskop, hingga tempat spa rencananya akan tersedia di Voyager Class Space Station. (Foto: Voyager Station)

Akomodasi unik ini nantinya akan terdiri dari dua cincin struktural konsentris yang diatur untuk bergerak bersama secara aman. Akan ada cincin dalam dan luar, bagian dalam akan menjadi dok penghubung, sementara yang luar akan menjadi 'tulang punggung stasiun dan menyediakan pemasangan untuk modul yang dapat dihuni, panel surya, radiator, dan sistem transportasi kereta api’. Cincin bagian luar akan menjadi tempat orang dapat bergerak di sekitar stasiun dengan bebas.

Kemudian akan ada pesawat kecil yang dipasang di bawah cincin luar, masing-masing memiliki tujuan berbeda. Beberapa mungkin untuk NASA dengan tujuan penelitian, sementara yang lain akan digunakan untuk akomodasi, restoran, dan bar.

Mengutip laman Space, rencana dari proyek ini telah berjalan selama bertahun-tahun setelah John Blincow mendirikan The Gateway Foundation pada 2012. Yayasan tersebut kemudian mendirikan OAC.

Hotel Ruang Angkasa Pertama akan Beroperasi pada 2027
Proyek konstruksi ruang angkasa komersial pertama dalam sejarah. (Foto: Voyager Station)

Gateway Foundation dibuat untuk membangun pelabuhan ruang angkasa pertama. “Demi melakukan itu kita harus terlebih dahulu membangun beberapa struktur yang lebih kecil. Salah satu proyek terpenting adalah Voyager Class Space Station. Ini kemungkinan akan menjadi proyek konstruksi ruang angkasa komersial pertama dalam sejarah,” tulis keterangan di laman resminya. (adp)

Baca juga:

NASA Keluarkan Panduan Jaga Lingkungan Luar Angkasa

#Hotel Unik #Luar Angkasa #Stasiun Luar Angkasa Internasional #Wisata Luar Angkasa
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan