Kesehatan

Hormon-Hormon ini Dapat Membantu Turunkan Berat Badan

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 05 Juni 2018
Hormon-Hormon ini Dapat Membantu Turunkan Berat Badan
Ada lima hormon yang efektif membantu diet. (Foto: TeroVesalainen)

KETIKA menjalankan program penurunan berat badan ada beberapa faktor yang sering diperhatikan seperti pola makan, pola istirahat dan olahraga. Sayangnya ada faktor yang ternyata sering diabaikan oleh kita yaitu faktor hormon. Padahal hormon membawa pengaruh besar dalam keberhasilan program diet.

Ketidakseimbangan hormon menyebabkan tubuh menjadi berat dan mempengaruhi berat badan. Ada berbagai hal yang dapat menyebabkan hormon menjadi tidak seimbang seperti kehamilan, pubertas atau menjalani rangkaian pengobatan tertentu.

Tubuh kita terdiri atas beragam hormon. Berikut hormon yang dapat mempengaruhi berat badan:

hormon
Olahraga membantu terbentuknya hormon. (Foto: NBC)


1. Hormon Testosteron


Hormon testosteron banyak diproduksi oleh kaum pria. Namun, kaum perempuan juga memproduksi hormon yang satu ini meski dalam jumlah yang lebih sedikit daripada pria.

Menurut Times of India, hormon ini membantu kita mempertahankan libido, membakar lemak serta memperkuat tulang dan otot. Namun jumlah hormon testesteron dalam tubuh dapat berkurang. Jika hormon tersebut berkurang maka dapat menyebabkan obesitas. Beberapa faktor yang memacu kurangnya hormon testosteron dalam tubuh antara lain usia, gaya hidup, dan stres.

Untuk menghindari menyusutnya hormon testosteron dalam tubuh perbaiki faktor pemicunya. Selain itu olahraga setiap hari, menghindari alkohol dan konsumsi makanan kaya serat dapat menjaga hormon testosteron dalam tubuh.

2. Hormon Progesteron


Hormon Progesteron diperlukan untuk menjaga kelancaran fungsi tubuh. Hormon ini bisa berkurang karena stres, menopause atau konsumsi pil kontrasepsi. Bila fungsi tubuh dan metabolisme tidak berjalan baik, maka dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Menurunnya hormon progesteron dapat dicegah melalui berbagai cara seperti meditasi untuk mengurangi stres dan lakukan olahraga secara teratur.

3. Hormon Estrogen


Hormon estrogen yang terlalu tinggi atau rendah dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Tubuh yang sehat menghasilkan jumlah insulin sesuai dengan yang dibutuhkan. Dengan jumlah insulin yang ideal, secara otomatis tubuh akan menjaga kadar gula dalam darah. Kadar esterogen yang tinggi dapat menekan sel-sel penghasil insulin. Akibatnya tubuh akan kebal terhadap insulin dan kadar glukosa akan tinggi. Hal tersebut menyebabkan kenaikan berat badan. Produksi hormon esterogen berlebihan dapat disebabkan oleh makanan yang mengandung esterogen tinggi.

Supaya berat badan tetap seimbang, kadar hormon esterogen harus seimbang. Hindari kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan kelebihan berat badan seperti konsumsi alkohol atau daging olahan. Maksimalkan pengendalian hormon esterogen dengan olahraga secara teratur.

hormon
Faktor hormon tidak dimasukan dalam program diet. (Foto: Pixabay/stevepb)

4. Hormon Insulin


Seperti yang sudah disebutkan di atas, insulin sangat dibutuhkan tubuh. Insulin diproduksi dan dilepaskan oleh pankreas selanjutnya membawa glukosa ke dalam sel. Insulin jiga memiliki menyimpan dan mempertahankan kadar glukosa di darah.

Ketika insulin terganggu, tubuh akan resistan terhadap hal-hal di atas. Sel-sel otot akan gagal mengenali hormon insulin karena terikat glukosa yang tetap mengalir di darah.

Ketika itu terjadi kadar gula darah akan melonjak dan menyebabkan kenaikan berat badan. Antisipasi hal itu dengan mengonsunsi buah-buahan, sayur mayur, biji-bijian. Hindari alkohol dan cemilan pada malam hari.


5. Hormon Tiroid


Kelenjar tiroid terdapat di pangkal leher dan di dalamnya terdapat hormon tiroid. Hormon tiroid memiliki tugas memproduksi T3, T4 dan Kalsitonin untuk mempertahankan metabolisme. Metabolisme memiliki peranan penting dalam mengendalikan berat badan. Apabila metabolisme kita baik maka berar badan kita pun akan seimbang.

Kurangnya hormon tiroid atau yang dikenal dengan istilah hipotiroidisme menyebabkan metabolisme terhambat. Keadaan demikian membuat berat badan kita bertambah.

Kondisi hipotiroidisme sulit untuk disembuhkan. Namun bisa dicegah. Kita bisa mencegahnya dengan mengonsumsi garam beryodium, vitamin D dan konsumsi makanan yang kaya akan kandungan zinc.

Itulah lima hormon yang harus di jaga di dalam tubuh. Pola hidup sehat dapat membantu sistem tubuh kita untuk tetap memproduksi hormon yang dibutuhkan dalam tubuh. (avia)

#Ketidakseimbangan Hormonal #Diet
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan