Hormati Keputusan MK, Prabowo Secara tak Langsung Akui Kekalahan dari Jokowi Prabowo-Sandiaga Uno. Foto: Facebook/Sandiaga Uno

MerahPutih.com - Pengamat Politik Maksimus Ramses Lalongkoe menilai pernyataan Prabowo Subianto yang menghormati dan menghargai hasil putusan MK itu dapat disimpulkan bahwa paslon 02 telah mengakui hasil Pilpres 2019 yang dimenangkan oleh JJoko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Kalau kita lihat pak Prabowo sampaikan dengan tenang dan tidak terlihat raut tegang dan pernyataan pak Prabowo yang menghormati dan menghargai hasil putusan MK itu bisa saja publik simpulkan paslon 02 telah mengakui hasil Pilpres 2019 yang dimenangkan oleh Capres dan cawapres 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin, meskipun pernyataan itu tanda ada ucapan selamat," kata Ramses kepada MerahPutih.com di Jakarta, Jumat (28/6).

Pengamat Politik dari Lembaga Analisis Politik Indonesia, Maksimus Ramses Lalongkoe. (IST)
Pengamat Politik dari Lembaga Analisis Politik Indonesia, Maksimus Ramses Lalongkoe. (IST)

Direktur Eksekutif Lembaga Analisis Politik Indonesia ini menjelaskan, Paslon 02 menghormati putusan MK yang bersifat final dan mengikat itu menunjukan Prabowo benar-benar memposisikan konstitusi sebagai panglima tertinggi dalam menyelesaikan sengketa hasil pemilu.

BACA JUGA: Jokowi-Ma'ruf Menang, Ahok: Adil ke Semua Golongan Tanpa Terkecuali

"Kan kita bisa memberi interpretasi terhadap pernyataan pak Prabowo itu. Dengan menghormati putusan MK yang bersifat final dan mengikat itu menunjukan pak Prabowo benar-benar memposisikan konstitusi sebagai panglima tertinggi dalam menyelesaikan sengketa hasil pemilu," ujar Ramses.

Untuk itu Dosen Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta ini meminta semua pihak untuk menghormati hasil keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait gugatan sengketa hasil pemilu Presiden 2019.

Sebab sikap menghormati dan menghargai hasil keputusan MK menggambarkan kondisi demokrasi di Indonesia semakin baik dan semakin diakui dunia Internasional dalam dinamika perpolitikan Indonesia.

Prabowo-Sandiaga Uno. Foto: Facebook

BACA JUGA: 7 Sikap Partai Golkar Terkait Keputusan MK

"MK sudah putuskan dan semua pihak harus menghormati dan hargai hasil keputusan MK terkait gugatan sengketa hasil pemilu Presiden 2019. Sikap menghormati dan menghargai keputusan MK itu menggambarkan kondisi demokrasi di Indonesia semakin baik dan semakin diakui dunia Internasional," kata Ramses. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH