Hore, Masuk Museum Radya Pustaka Gratis

Eddy FloEddy Flo - Jumat, 10 Maret 2017
  Hore, Masuk Museum Radya Pustaka Gratis
Museum Radya Pustaka Solo (MP/Win)

Sejak awal bulan Januari tahun ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mengratiskan biaya masuk ke Museum Radya Pustaka Solo. Pasalnya, sampai saat ini tidak ada dasar hukumnya yang memungut biaya masuk.

Tentu, ini berbeda seperti tahun sebelumnya, yang menarik biaya masuk Rp5 ribu. Dana tersebut, digunakan untuk perawatan dan gaji pegawai museum tersebut. Namun, saat ini itu semua sudah tidak berlaku.

“Kalau sampai kapannya saya tidak tahu, karena di Perda (Peraturan Daerah) saat ini yang ada baru Museum Keris, kalau untuk Museum Radya Pustaka belum,” jelas Kepala UPTD Museum Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Solo, Bambang MBS ketika ditemui merahputih.com, Kamis (9/3) di kawasan museum.

Koleksi Museum Radya Pustaka Solo
Salah satu koleksi Museum Radya Pustaka (MP/Win)

Meski begitu, Bambang menerangkan, jumlah pengunjungnya tidak mengalami pengurangan dan tidak mengalami peningkatan. Dari data yang ia miliki hingga awal bulan ini, tercatat sudah ada lebih dari 1.000 pengunjung.

“Pengunjungnya tidak hanya dari Solo saja, ada dari luar Solo, ada juga dari luar negeri. Kebanyakan dari mereka, sedang melakukan penelitian atau melihat koleksi museum saja,” terangnya.

Artikel ini ditulis berdasarkan liputan Win, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Solo dan sekitarnya.

#Museum Radya Pustaka #Kota Solo #Wisata Solo
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan