Kuliner

Horas! 5 Kuliner Khas Batak Wajib Kamu Cicipi

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Minggu, 07 Agustus 2022
Horas! 5 Kuliner Khas Batak Wajib Kamu Cicipi
Ilustrasi mie gomak, spageti khas Batak. (Foto: Unsplash/Carolina Cossío)

MENYUSURI kuliner khas Batak memang tidak ada habis-habisnya. Kombinasi dari berbagai bumbu rempah-rempah yang dimasak, bikin para penikmatnya ketagihan dan membuat kuliner Batak menjadi istimewa.

Salah satu hidangan khas Batak yang sangat populer adalah ikan mas arsik yang biasanya disajikan dalam rangkaian upacara adat. Sesuai namanya, makanan ini merupakan sajian ikan mas yang dimasak dengan bumbu arsik, sejenis bumbu kuning dengan cita rasa gurih, asam, dan pedas. Ikan mas arsik disediakan sebagai simbol kehidupan yang lebih diberkahi. Santapan akan semakin lezat jika disajikan dengan nasi putih hangat.

Bicara soal adat Batak, tentu tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner saksang, kuliner ini nonhalal. Saksang merupakan masakan bahan utamanya menggunakan daging babi yang dicincang dan dimasak dengan olahan bumbu. Hidangan ini kerap hadir saat perayaan adat atau perkumpulan orang Batak. Atau bahkan kamu bisa menemuinya di lapo terdekat.

Setiap makanan rasanya akan semakin lezat jika dioles dengan sambal. Demikian pula dengan saksang yang dimasak bersama darah dari hewan yang disembelih untuk dijadikan sambal. Darah yang ikut dimasak ini dikenal dengan sebutan margota, sementara saksang yang dimasak tanpa darah disebut dengan na so margota.

Baca juga:

Gantalan Khas Batak, Olahan Kulit Sapi Plus Rebung yang Maknyus

Horas! 5 Kuliner Khas Batak Wajib Kamu Cicipi
Saksang menggunakan olahan daging babi. (Foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiya)


Buat kamu yang suka dengan olahan mi, wajib mencicipi mi gomak khas Batak. Mi gomak seringnya disebut sebagai spageti ala Batak karena memang bentuk bahan pembuat mi ini mirip sekali dengan spageti dari Italia. Bahan dasar mi itu disebut mi lidi dan hanya bisa ditemukan di Kota Medan.

Ada dua varian mie gomak yang biasanya disajikan, yakni basah dengan ciri khasnya memiliki kuah yang gurih dan tentunya yang digoreng. Umumnya, mie gomak disajikan basah alias berkuah. Mie lidi yang telah direbus akan diberi kuah berkaldu ayam dengan bumbu saus dan tambahan sayuran. Jika masih ingin tambah lauk, mie gomak juga umum disajikan bersama bakwan, kerupuk, atau mendoan.

Kuliner Batak terkenal dengan masakan berbahan ikan dan dagingnya. Salah satunya kuliner Batak olahan daging terkenal yaitu gantalan Batak. Gantalan Batak merupakan olahan kulit sapi dicampur rebung. Keduanya diolah lebih dulu dengan cara direbus.

Baca juga:

Tipa-tipa, Serealnya Orang Batak

Horas! 5 Kuliner Khas Batak Wajib Kamu Cicipi
Kuliner khas Batak dimasak dengan olahan bumbu rempah. (Foto: Unsplash/Theo Crazzolara)


Bumbu-bumbu gantalan sangat banyak, di antaranya ada serai, asam kandis, jeruk nipis, dan santan. Selain itu, ada bumbu yang biasa diolah untuk kuah berantan seperti jahe, bawang putih dan merah, kencur, jahe, lengkuas, dan kemiri sangrai.

Yang terakhir adalah gulai ikan salai, merupakan khas Mandailing. Dalam bahasa Mandailing, ikan salai berarti ikan yang dikeringkan menggunakan asap. Metode mengawetkan bahan makanan dengan cara mengeringkan dan diasinkan setidaknya telah dikenal sejak zaman neolitik.

Ikan salai yang punya citarasa asap nan nikmat itu oleh orang Mandailing diolah dengan berbagai bumbu, seperti cabai merah giling, bawang merang giling, kunyit giling, jahe giling, batang sereh, lengkuas, potongan bawang batak, dan potongan tomat merah. (and)

Baca juga:

Ayam Gota, Kuliner Favorit dalam Acara Adat Batak

#Lipsus Agustus Adat Indonesia #Kuliner
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan