Honda Civic Type R 2023 Catat Rekor Lap Baru di Sirkuit Suzuka

Andrew FrancoisAndrew Francois - Kamis, 14 April 2022
Honda Civic Type R 2023 Catat Rekor Lap Baru di Sirkuit Suzuka
Civic Type R catat rekor baru di Sirkuit Suzuka. (Foto: Honda)

HONDA Civic Type R generasi terbaru saat ini masih dalam tahap pengembangan oleh Honda meski versi prototipenya telah diluncurkan pada ajang Tokyo Auto Salon Januari 2022 lalu. Namun nampaknya mobil tersebut dalam waktu dekat akan mewujudkan tampang aslinya.

Bahkan Honda telah melakukan tahap uji coba di Sirkuit Suzuka, Jepang dan memecahkan rekor baru yaitu mobil FWD atau berpenggerak roda depan tercepat. Sesi pengetesannya telah dilakukan Maret lalu dan Civic Type R teranyar tersebut mampu menyelesaikan putaran dalam waktu 2 menit 23,120 detik saja.

Baca juga:

Ganasnya Honda Civic Type R di Sirkuit Nurburgring

Honda Civic Type R 2023. (Foto: Honda)

Melansir Autos, layout sirkuit yang digunakan adalah versi Grand Prix yang juga digunakan oleh ajang balap mobil paling kencang di muka bumi yaitu Formula 1. Layout tersebut memiliki panjang total hingga 5,8 km. Catatan waktu tersebut mematahkan torehan waktu pendahulunya yaitu Civic Type R Limited Edition pada 2020 silam.

Catatan waktu yang ditorehkan pendahulunya yaitu 2 menit 23,993 detik yang berarti Civic Type R versi baru mampu mengitari sirkuit hampir satu detik lebih cepat. Seperti Civic Type R pada umumnya, versi terbaru ini juga akan menggunakan sistem penggerak roda depan dengan kode bodi FL dan bertransmisi manual.

Meski sistem penggerak roda depan telah menjadi semacam tradisi bagi Civic Type R, namun beberapa rivalnya telah menggunakan sistem penggerak AWD atau empat roda yang dikombinasikan dengan transmisi dual clutch untuk mendapatkan perpindahan gigi yang lebih cepat dan responsif.

Baca juga:

Honda Civic Type-R Cetak Rekor Waktu Terbaik di Jerman

Lebih kencang dari versi sebelumnya. (Foto: Honda)

Kendati demikian namun Honda belum memberi bocoran apapun terkait spesifikasi mesin dan fitur-fitur yang bakal tersemat pada mobil sportnya tersebut. Namun yang jelas nuansa hot hatchback nampaknya akan tetap terasa kental pada mobil tersebut dengan performa yang bisa dipastikan lebih gahar dari pendahulunya.

Mirip dengan generasi sebelumnya, Honda Civic Type R teranyar itu juga akan mengambil basis dari Civic Hatchback yang dijual di pasar Amerika Utara. Salah satu bagian yang mencolok dari mobil adalah adanya sayap besar di bagian belakang, semacam menunjukkan sebuah mobil yang siap dibawa ke sirkuit. (waf)

Baca juga:

Honda Civic Type-R Varian Balap Meluncur 24 Maret

#Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan