Home Theater, Obat Rindu Nonton Bioskop Nonton film tak perlu di bioskop (Foto: Pexels/Louis)

KANGEN tidak sih nonton di bioskop? Biasanya nih ya, pas hari Senin, nomat (nonton hemat) pasti jadi agenda wajib pas tanggal gajian. Atau kalau lagi mager nonton di weekdays, malam minggu alias satnite pasti tak akan kamu lewatkan tanpa nongkrong di XXI atau CGV.

Tapi mau bagaimana lagi, bioskop memang harus tutup sementara sejak Maret 2020 karena pandemi COVID-19. Infografis yang dimuat di laman KSAT menunjukkan dari skala 1-10, risiko penularan COVID-19 di bioskop mencapai angka 9.

Baca juga:

Yuk Buat Bioskop Sendiri di Rumah, Begini Caranya

Namun, sobat merahputih tidak perlu sedih ya. Walau bioskop belum dibuka ada banyak alternatif kok untuk nonton film kesayangan kamu. Pilihannya ada dua, nonton menggunakan home theater di kafe atau rumah. Alternatif ini cukup aman karena tidak dipadati banyak orang.

Di Yogyakarta, kamu akan menemukan sebuah kafe yang cukup unik. Di kafe ini kamu tidak hanya bisa ngopi-ngopi cantik, tapi juga nonton film. Bukan nonton film streaming pakai ponsel ya, tapi di kafe bernama Ruang Bersama Moviebox ini kamu bisa nonton layaknya di bioskop.

Ruang Bersama Moviebox berlokasi di Jalan Gejayan, Komplek Colombo No.31, Yogyakarta. Tempat ini menyediakan beberapa ruang kecil yang dilengkapi dengan home theater. Kamu bisa memilih empat jenis ruang bioskop mini dengan kapasitas berbeda.

Bioskop Mini di Yogyakarta (Foto: Instagram/@movieboxjogja)

Ada empat ruangan nonton untuk kamu sewa, antara lain luxury (4 orang), family (6 orang), suite (10 orang), dan Deluxe (20 orang). Menurut Instagram @movieboxjogja, durasi sewa tempat ini per jam dan gratis camilan beserta minuman.

Kamu bebas mau memilih film apa untuk ditonton. Lebih asyiknya lagi, kamu diperbolehkan membawa film sendiri dari rumah. Jadi intinya tempat ini memang menyewakan ruangan nan nyaman untuk kamu nonton bersama pasangan atau teman.

Terlalu jauh ke Yogyakarta? Di Jakarta juga ada kok bioskop mini yang siap mengobati rindumu dengan bioskop. Tempatnya di Kafe Subtitles yang terletak di Dharmawangsa Square, Jakarta Selatan.

Ribuan DVD untuk kamu tonton di Subtitles (Foto: Instagram_ Theblissia)

Arah Destinasi menuliskan Bioskop mini yang berdiri sejak 2005 ini tadinya ialah tempat menyewa DVD film-film non Hollywood. Namun, saat ini berubah menjadi movie cafe.

Meskipun sempat tutup selama pandemi ini, Subtitles sudah mulai buka sejak Juni 2020. Tentunya ada beberapa protokol kesehatan yang diterapkan untuk mencegah adanya penyebaran virus COVID-19.

"Aman banget! Sekarang kita mengalokasi 30 menit untuk penyemprotan disinfektan. Kemudian studio kita juga dibersihkan sebelum dan sesudah pemakaian," tutur Dante, pihak Subtitles kepada Merahputih.com.

Subtitles menyediakan lebih dari 4000 DVD dan kamu bebas memilih film apa yang ingin kamu tonton. Sama seperti di Ruang Bersama Moviebox, kamu boleh bawa film sendiri entah itu soft copy atau hard copy.

Untuk ruangan menontonnya, kafe ini menyediakan lima studio berkapasitas enam orang. Lebih dari enam orang tetap bisa tapi kamu akan dikenakan biaya tambahan. Tak perlu takut lapar, makanan dan minuman lezat juga tersedia kok.

Nah, tapi kalau kamu memang masih belum berani ke luar rumah, rumah kamu juga bisa jadi bioskop keren. Namun, jangan lupa kamu butuh perangkat-perangkat pendukung seperti, proyektor, layar besar (opsional), kursi nyaman, bantal, camilan, speaker.

Baca juga:

Bioskop Film Terapung Jawaban Protokol Kesehatan

Di rumah sendiri kamu bisa menyulap bagian rumah outdoor atau indoor menjadi sebuah bioskop mini nan keren. Gulf News menyarankan kamu melakukan beberapa hal berikut ini jika ingin menciptakan bioskop mini di rumah:

Bisa nonton di dalam atau luar rumah (Foto: Pexels/Chauhan Muniz)

Menonton film di luar ruangan rumah jangan lupakan speaker

Ada sesuatu yang istimewa dan berbeda tentang menonton film di luar ruangan. Pengalaman menonton film favorit di luar ruangan sambil menikmati sejuknya udara malam dan camilan adalah sebuah hiburan penuh sensasi unik.

Kamu mendapatkan kesempatan seru untuk streaming film-film blockbuster di bawah pemandangan bintang-bintang di halaman belakang rumah kamu. Jangan lupa gunakan speaker untuk membuat pengalaman nonton semakin maksimal.

Dinding berwarna putih di dalam rumah untuk memproyeksikan film

Kunci membuat bioskop mini di dalam rumah ialah furnitur nyaman yang bisa difungsikan. Dinding berwarna putih di salah satu spot dalam rumah merupakan spot tepat untuk memproyeksikan film.

Kamu pun tidak perlu membeli layar lagi. Yang benar-benar kamu perlukan adalah sebuah proyektor dan makanan ringan. Di dalam ruangan kamu juga memiliki kontrol yang lebih baik untuk urusan intenitas cahaya dan suara.

Tak boleh lewatkan camilan

Home theater yang sempurna hanya perlu dilengkapi dengan kesenangan sinematik terbaik. Sebagai permulaan, kamu bisa membuat sendiri jenis camilan yang biasa dijajakan di bioskop. Popcorn, hot dog, dan nachos akan menjadi pasangan wajib saat menikmati film.

Minuman-minuman praktis seperti soda, juice dan bubble tea bisa menjadi pilihan yang menarik. Sebagai tambahan buat kamu yang akan nonton film di tempat dengan suhu dingin, jangan lupa persiapkan selimut, piyama dan kaos kaki. (ikh/lgi/ren)

Baca juga:

Tips Aman Menikmati Event Besar Berkonsep Drive-In

Kredit : digdo leonard

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH