Hobi Nulis? Berikut Profesi Keren yang Cocok Untukmu Editor di sebuah majalah (Sumber: The Seattle Times)

SETIAP orang lahir dengan bakat dan potensi berbeda. Ada yang gemar menulis, menggambar, dan lain-lain. Bakat yang dimiliki rupanya bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang. Berikut beberapa profesi yang bisa dipilih bagi kamu yang punya bakat menulis.

Baca juga:

5 Bidang Pekerjaan yang Bisa Diambil Setelah Lulus D-3

1. Wartawan

Jurnalis
Jurnalis (Foto: Iowa High School Press Association)

Wartawan adalah orang yang bertugas menyajikan berita secara berkala di media cetak atau media daring. Sebelum menulisnya menjadi sebuah narasi, para wartawan harus meliput sebuah agenda atau peristiwa dan mewawancarai sejumlah narasumber untuk melengkapi beritanya.

Selanjutnya, mereka harus mengolah informasi tersebut dan kemudian menyajikannya dalam sebuah teks. Wartawan terbagi atas berbagai divisi berbeda tergantung dari berita yang disajikan mulai dari wartawan berita lifestyle, wartawan berita kriminal, wartawan berita politik dan lain sebagainya. Bagi kamu yang suka menulis dan hobi jalan-jalan, jenis pekerjaan ini cocok untukmu.

2. Content Writer

Content Writer
Content Writer (Foto: Hubspot)

Content writer atau penulis konten adalah orang-orang yang bertugas membuat konten di sosial media atau di media daring.

Orang-orang yang bekerja sebagai content writer biasanya berwawasan luas karena mereka harus menyajikan beragam informasi agar pembaca tertarik untuk mengakses tulisan yang mereka buat. Seorang content writer biasanya memahami seluk beluk internet seperti SEO (Search Engine Optimization).

Baca juga:

Pertanyaan Krusial yang Wajib Ditanyakan Pada Diri Sendiri agar Mendapatkan Pekerjaan Impian

3. Copywriter

Copywriter
Copywriter (Foto: Thoughtful Minds)

Sekilas profesi copywriter dan content writer terlihat mirip. Namun, ada banyak perbedaan mendasar di antara dua jenis profesi ini. Pertama, tulisan yang dibuat oleh copywriter lebih sedikit daripada tulisan yang dibuat oleh para content writer.

Kedua, jenis tulisan yang diproduksi oleh content writer bersifat informatif sementara tulisan yang diproduksi oleh copy writer bersifat persuasif. Ketiga, media yang digunakan oleh copywriter misalnya email newsletter, billboard dan lain sebagainya sementara content writer menulis untuk sosial media dan media daring.

4. Communication Director

Komunikasi
Pengarah Komunikasi (Foto: Foster and Bridge Indonesia)

Communication Director atau Pengarah Komunikasi adalah orang-orang yang bekerja di sektor Humas (Hubungan Masyarakat) sebuah perusahaan. Mereka bertanggung jawab mengelola berbagai hal yang berkaitan dengan komunikasi baik secara internal atau eksternal sebuah perusahaan.

Mereka juga menjadi penghubung dengan para jurnalis jika ada hal-hal yang berkaitan dengan produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Para pengarah komunikasi biasanya membagikan press release untuk para jurnalis.

5. Proofreader

Editor
Proofreader (Foto: ABC News)

Proofreader atau nama lainnya editor adalah orang-orang yang bertugas untuk menyunting tulisan atau artikel yang ditulis oleh jurnalis, content creator, atau copywriter. Seorang editor biasanya menguasai kaidah EYD (Ejaan Yang Disempurnakan). (avi)

Baca juga:

Seperti Apa Sebenarnya Hidup dan Pekerjaan Seorang 'Influencer' Media Sosial?

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH