Hobi Menyelam? Inilah Taman Bawah Laut Terbesar di Dunia Taman bawah air terbesar dunia surganya para penyelam (Foto: bahrainpr.com

KABAR baik bagi para pecinta olahraga menyelam, Bahrain akan membuka taman bermain bawah laut terbesar di dunia. Taman bermain ini merupakan projek ramah lingkungan yang bemitra dengan Dewan Tertinggi lingkungan, beserta Bahrain Tourism and Exhibitons Authority (BTEA). Akan dibuka pasca Idul Fitri 1440 H, apakah kamu para penyelam tertarik mengunjungi wisata air seluas 10 hektar ini?

1. Wisata bawah laut terbesar di dunia

Hobi Menyelam? Lihat Taman Bawah Laut Terbesar di Dunia
Menjadi taman wisata bawah laut terbesar di dunia (Foto: Time Out Bahrain)

Dengan lahan seluas 100.000 m2, wisata bawah air sedalam 20 meter ini berada di perairan utara yang tepatnya berjarak 30km dari pulau Amwaj, Bahrain, diantara Qatar Peninsula dan pantai Timur Saudi Arabia.

Ekstravaganza bawah air terbesar di dunia ini juga mengklaim sebagai taman hiburan yang ramah lingkungan dan tidak merusak ekosistem.

Selain ingin menarik perhatian semua penggemar olahraga selam dari seluruh dunia, pendirian tempat ini juga diharapkan bisa berkontribusi untuk para peneliti tentang informasi dan data mengenai ekologi dan biota laut.

2. Dekorasi buatan yang aman bagi hewan laut

Hobi Menyelam? Lihat Taman Bawah Laut Terbesar di Dunia
Taman ini dilengkapi dengan dekorasi diving buatan yang ramah lingkungan. (Foto: forbes.com)

Tujuan utama dari dibuatnya wisata bawah air terbesar di dunia ini adalah untuk menarik perhatian para penyelam.

Menurut Sheikh Abdullah bin Hamad Al Khalifa selaku presiden Dewan Tertinggi lingkungan mengatakan bahwa berbagai titik menyelam akan dilengkapi dengan replika rumah pedangan mutiara tradisional Bahrain yang tenggelam, terumbu karang buatan, serta patung-patung yang ditempatkan di bawah air.

Sehingga lokasi tersebut bisa menjadi tempat yang aman untuk pertumbuhan karang serta habitat yang memadai untuk para hewan laut, terutama hewan invertebrata seperti tiram.

3. Pesawat Boeing 747 yang ditenggelamkan

Hobi Menyelam? Lihat Taman Bawah Laut Terbesar di Dunia
Bangkai pesawat Boeing 747 jadi dekorasi di bawah taman wisata bawah laut. (Foto: Easyvoyage)

Taman bermain bagi para divers ini menghadirkan atraksi utama yang sangat spektakuler, yaitu pesawat Boeing 747 yang ditenggelamkan. Pesawat sepanjang 70 meter ini dilaporkan menjadi pesawat terbesar yang disiapkan secara khusus untuk dinonaktifkan dan ditenggelamkan.

Meskipun begitu, beberapa ahli lingkungan telah meluapkan kecemasannya akan pengaruh tenggelamnya pesawat terhadap air. Dikatakan, ekosistem dapat dibahayakan dengan meletakkan benda berbahan metal ke dalam laut. Perihal masalah ini, pihak pengelola bersikeras bahwa peletakkan pesawat di bagian dasar tidak akan membahayakan lingkungan.

"Seluruh permukaan pesawat telah mengalami pencucian bertekanan tinggi dengan deterjen ramah lingkungan untuk memastikan bahwa semua coating, minyak, dan debu telah hilang', ungkap juru bicara Bahrain Tourism and Exhibiton Agency.

Nyatanya, ini bukanlah kali pertama sebuah pesawat ditenggelamkan untuk kepentingan atraksi menyelam. Pada tahun 1993, sebuah Boeing 727 ditenggelamkan di pantai Miami yang kemudian rusak karena Badai Gordon pada musim panas tahun 1995.

4. Kapan taman bermain bawah air ini akan dibuka?

Hobi Menyelam? Lihat Taman Bawah Laut Terbesar di Dunia
Taman ini akan dibuka setelah Idul Fitri 1440 H. (Foto: travelandleisure.com)

Dikatakan projek ini akan dibuka untuk umum saat musim panas 2019, tepatnya setelah perayaan Idul Fitri 1440 Hijriah.

Diperkirakan projek ini akan secara resmi dibuka pada minggu kedua bulan Juni 2019, ketika pertama kali diperkenalkan pada Januari 2019 silam. (ADP)

Kredit : anandadimas


Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH