Hobi Menulis? Nih, 5 Pekerjaan yang Bisa Kamu Pertimbangkan Hobi menulis juga bisa menghasilkan uang. (foto: pixabay/stocksnap)

HOBI enggak melulu soal melakukan kegiatan favorit di waktu luang. Kini, hobi malah bisa jadi ladang duit. Enggak sedikit orang yang mengubah hobi mereka menjadi pekerjaan. Pastilah menyenangkan bisa mengerjakan hal yang disuka setiap hari. Dibayar pula!

Bermusik, berkebun, dan menulis ialah contoh hobi yang bisa menghasilkan duit. Nah, buat kamu yang hobi menulis, jangan berhenti cuma menulis di blog. Kamu bisa loh mengembangkan hobimu dengan menekuni berbagai profesi berikut.

BACA JUGA: Kerja Shift Malam? Ini Caranya Agar Tetap Sehat

1. Editor

profesi
Haruslah menguasai bahasa dan aturan ejaan yang baik dan benar. (foto: pixabay/pixelcreatures)


Di zaman sekarang, editor sangat dibutuhkan, mulai dari buku-buku yang sering diterbitkan, hingga media yang memproduksi berita. Bahkan, lowongan kerja untuk editor lepas juga tersedia. Namun, kamu harus memiliki kemampuan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Salah satu syarat menjadi editor ialah harus menguasai aturan ejaan dan penggunaan kata yang benar.

2. Blogger

blogger
Bikin blog keren yang menghasilkan uang. (foto: pixabay/rawpixel)

Jika kamu suka menulis, kurang lengkap rasanya jika tidak membuat blog pribadi. Biasanya blog digunakan untuk mengekspresikan pengalaman pribadi atau pemikiran seseorang. Untuk menjadi seorang blogger tidak terlalu sulit, kamu hanya butuh konsistensi, konsep, dan ide menarik sehingga blogmu ramai didatangi para pembaca. Tidak sekadar menulis, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan jika memiliki banyak pengunjung. Namun, hal itu tentunya membutuhkan proses yang cukup lama.

3. Ghost Writer

writer
Menulis sesuai dengan pesanan klien. (foto: pixabay/fotografierende)

Pasti kamu berpikir ghost writer ialah menjadi penulis cerita hantu. Bukan, bukan itu.

Lebih tepatnya, ghost writer ialah seorang penulis yang menyediakan jasa untuk menulis artikel, cerita, berita, dan tulisan lainnya tanpa mencantumkan nama mereka di dalam tulisan tersebut. Ghost writer biasanya mendapatkan proyek yang temanya sudah ditentukan dari si klien. Tugasnya ialah membantu untuk membuat sebuah tulisan yang sesuai dengan permintaan pemesan. Tak perlu khawatir, kamu akan mendapatkan upah yang sebanding dengan hasil tulisanmu.


4. Jurnalis

jurnalis
Mengasah kemampuan menulis dan reportase. (foto: pixabay/stevepb)

Menjadi jurnalis seidaknya ada dalam salah satu daftar profesi incaran kamu yang hobi menulis. Kamu akan menuliskan reportase, wawancara, hingga catatan jalan-jalan. Selain melaporkan berita, jurnalis juga harus mempunyai kecepatan dan ketepatan dalam menulis. Pasalnya, di zaman sekarang, perlu kecepatan berita yang diunggah, tapi tetap akurat. Pekerjaan ini tentunya akan menambah kemampuan dan pengalamanmu dalam menulis.

5. Copywriter

writer
Dibayar untuk membuat tulisan menarik di media sosial. (Foto: pixabay/comefreak)

Daripada buang-buang waktu menulis status atau caption di media sosial, lebih baik salurkan bakat menulis untuk menjadi copywriter. Tugas seorang copywriter ialah membuat tulisan-tulisan menarik di media sosial yang berhubungan dengan bidang iklan atau komersial. Tujuannya ialah mempromosikan atau memasarkan suatu produk dari perusahaan. Perlu diperhatikan, kamu bekerjan dengan brand atau merk tertentu. Jadi, jangan sampai mengecewakan mereka ya!(And)

BACA JUGA: Ada Apa Saja di Habibie Festival 2019?



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH