Hobi Bersepeda Bikin Awet Muda Bersepeda bikin awet muda (Foto: pixabay)

SIAPA yang tidak mau awet muda. Meskipun usia sudah bertambah tua, tidak menutup kemungkinan Anda tetap memiliki wajah tidak tampak tua. Apalagi tubuh masih terasa bugar dan sehat.

Berbagai cara bisa dilakukan. Salah satunya dengan rajin bersepeda. Studi terbaru mengungkapkan, memiliki hobi bersepeda secara teratur dapat menahan laju efek penuaan dan membuat orang awet muda secara natural, demikian mengutip laman Independent.

Sampel penelitian terdiri dari 75 orang sehat berusia 57 sampai 80 tahun. Serta 55 orang dewasa muda berusia 20 sampai 36 tahun.

Studi tersebut memiliki data yang membandingkan pesepeda amatir dan orang dewasa yang sehat tanpa berolahraga. Mereka yang berolahraga (bersepeda) tentunya memiliki berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh. Pesepeda memepertahankan masa otot dan kekuatan dengan usia.

Bersepeda juga meningkatkan kekebal tubuh (Foto: pixabay)

Tingkat lemak tubuh dan kolestrol menjadi stabil bagi pesepeda. Khusus bagi pria tapinya kadar testosteron tetap tinggi.

Lebih mengejutkannya lagi efek bersepeda tidak hanya memiliki dampak awet muda. Manfaat bersepeda meluas ke sistem kekebalan tubuh yang juga menjadi semakin kuat.

Organ bernama timus (Sel T) yang membuat sel kekebalan tubuh biasanya mulai menyusut saat manusia menginjak usia 20 tahun. Namun bagi para pesepeda, termasuk yang berusia tua memiliki banyak sel T layaknya individu yang masih muda. Dengan demikian kekebalan tubuh tetap kuat.

Profesor Janet Lord, direktur Institut Peradangan dan Penuaan di Universitas Birmingham, mengatakan obat termurah dan terbaik untuk manusia ialah berolahraga. Janet mengutip perkataan dokter yang berasal dari Yunani kuno, tidak lain adalah Hippocrates.

Ada takaran tertentu jika ingin mendapatkan khasiat awet muda dengan bersepeda (Foto: pixabay)

"Namun, yang penting, temuan kami menghilangkan asumsi bahwa penuaan secara otomatis membuat kita lebih lemah," papar Janet.

Lebih lanjut, tentunya ada takaran tertentu jika ingin memiliki khasiat awet muda dari bersepeda. Bagi pria diharuskan bisa bersepeda sejauh 100 km di bawah waktu 6,5 jam. Sementara wanita diharuskan dapat menempuh 60 Km dalam waktu 5,5 jam.

Profesor Stephen Harridge, direktur Pusat Ilmu Fisiologis Manusia & Aerospace di King's College London juga menekankan bahwa pesepeda berolahraga karena sehat. Melainkan kesehatan didapatkan mereka karena rutin bersepeda.

Sahabat Merah Putih, awet muda tidak susah. Cukup rajin bersepeda saja. Berhubung besok hari Minggu, yuk mulai bersepeda esok hari.

Baca juga artikel kesehatan lainnya di sini Jalan Kaki Membuat Awet Muda

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH