[HOAKS atau FAKTA]: Anies Bakal Jual Gedung Pemerintah Pusat jika Ibu Kota Pindah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah), Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kiri), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kedua kanan) dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (kanan) bersi

Merahputih.com- Beredar artikel berjudul “Ibu Kota Pindah, Anies Bakal Jual Gedung Pemerintah Pusat” yang dimuat di situs metrotv-2020.blogspot.com pada Jumat, 19 Juni 2020.

Berikut kutipan artikelnya;

“Dia juga yakin Jakarta bisa menjadi pusat bisnis global. Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, optimistis pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur takkan menghambat pertumbuhan ekonomi Jakarta. Malah, dia menyebut kota ini akan menjadi pusat bisnis global. BacaSelengkapnya>>>>”

FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), klaim bahwa Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan akan menjual gedung pemerintah pusat jika Ibu Kota pindah adalah klaim yang salah.

Judul “Ibu Kota Pindah, Anies Bakal Jual Gedung Pemerintah Pusat” adalah judul suntingan dari situs abal-abal.

Baca Juga:

Anak Dibawah 5 Tahun Hingga Ibu Hamil Tak Boleh Masuk Monas

Situs resmi MetroTV adalah metrotvnews.com. Judul asli artikel tersebut adalah “Ibu Kota Pindah, Anies Bakal Manfaatkan Gedung Pemerintah Pusat” yang dimuat di situs dream.co.id pada Sabtu, 31 Agustus 2019.

Tidak ada pernyataan dari Anies yang menyebutkan dia akan menjual gedung pemerintah pusat jika Ibu Kota pindah pada artikel tersebut.

Berikut kutipan dari artikel asli:

“ia akan menunggu arahan dari pemerintah pusat, terutama untuk area perkantoran instansi pusat. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini yakin, area itu akan disulap menjadi tempat yang bermanfaat untuk perekonomian.

“ Tapi saya percaya, bahwa lahan-lahan yang semula digunakan perkantoran itu akan menjadi tempat kegiatan yang berdampak juga bagi perekonomian dan lingkungan nantinya,” kata Anies di Jakarta.
Dia menyebut bisa saja area perkantoran diubah menjadi ruang terbuka hijau (RTH) untuk Jakarta.

Hoax pada Anies
Informasi Hoax (Mafindo)

“ Ini saya juga mengusulkan sebagian bisa menjadi taman kota. Sehingga satu adalah efek lingkungan hidupnya baik, yang kedua yang untuk komersial itu akan menggerakkan perekonomian,” kata dia.

KESIMPULAN

Judul suntingan dari situs abal-abal. Situs resmi MetroTV adalah metrotvnews.com. Judul asli artikel tersebut adalah “Ibu Kota Pindah, Anies Bakal Manfaatkan Gedung Pemerintah Pusat” yang dimuat di situs dream.co.id pada Sabtu, 31 Agustus 2019.

Baca Juga:

Siap Hadapi Praperadilan Ravio Patra, Polisi: Ada Share yang Sifatnya Provokatif



Alwan Ridha Ramdani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH