#HOAKSatauFAKTA: 24 Pasien Positif COVID-19 Kabur dari UGD Puskesmas Tanjung Priok

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 22 April 2020
#HOAKSatauFAKTA: 24 Pasien Positif COVID-19 Kabur dari UGD Puskesmas Tanjung Priok
Ilustrasi hoaks. Foto: Net

MerahPutih.com - Beredar infomasi melalui Whatsapp tentang 24 pasien positif COVID-19 melarikan diri dari UGD Puskesmas Kecamatan Tanjung Priok dan belum sempat dikarantina.

Dari 24 orang tersebut baru 11 orang yang tertangkap di kawasan Sunter Jaya dan 13 lainnya masih dalam pencarian tim medis

Dalam pesan itu juga disertai dengan sebuah video petugas medis memakai APD lengkap di depan ambulans yang sedang menghitung jumlah orang yang akan dibawa ambulans Puskesmas Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Cek Fakta

Dilansir dari laman jakarta.go.id, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dan Puskesmas Kecamatan Tanjung Priok (20/4), diperoleh informasi bahwa isi pesan tersebut tidak benar.

Dalam video yang disertakan memang benar terdapat mobil ambulans Puskesmas Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, namun kegiatan yang terekam dalam video merupakan pelaksanaan proses rujukan para jama'ah Masjid Al Muttaqin di RW 1 Sunter Agung ke RS Darurat Wisma Atlet secara bertahap setiap 1 jam karena keterbatasan UGD RS Wisma Atlet.

Kokm
Hoaks pasien COVID-19 melarikan diri dari UGD Puskesmas Kecamatan Tanjung Priok. Foto: Kominfo

Dilaporkan bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan dengan rapid test COVID-19 para jama'ah masjid tersebut tanggal 14 April 2020, didapatkan 24 orang positif reaktif dari 117 orang yang diperiksa, sedangkan 1 orang yang berusia 72 tahun melaksanakan isolasi mandiri di rumah.

Kesimpulan

Berdasarkan data di atas, berita 24 pasien positif COVID-19 yang melarikan diri dari UGD Puskesmas Kecamatan Tanjung Priok hoaks. (*)

##HOAKS/FAKTA #Penyebar Hoaks
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan