[HOAKS atau FAKTA]: WhatsApp Bagikan Kuota 50 GB Selama 90 Hari

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 13 April 2022
[HOAKS atau FAKTA]: WhatsApp Bagikan Kuota 50 GB Selama 90 Hari
Media Sosial. (Foto: Pixabay)

MerahPutih.com - Beredar kembali pesan berantai yang mengatasnamakan WhatsApp sedang membagikan Kuota gratis untuk semua jaringan yang berlaku 90 hari dalam perayaan ulang tahun WhatsApp.

NARASI:

Lihat ini, Gratis 50GB (Semua Jaringan) berlaku selama 90 hari dalam Perayaan Ulang Tahun WhatsApp.* Saya Telah Menerima Milik Saya.BUKA INI* https://4g-whatsapp-jh3[dot]xyz/?s=1

SUMBER: WhatsApp

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Mahasiswa Berhasil Merangsek ke Gedung DPR

FAKTA

Turnbackhoax.id pernah membahas tentang hoaks ini dengan judul “[SALAH] Tawaran Kuota Gratis 50GB di Perayaan Ulang Tahun WhatsApp” pada 5 Mei 2021 dan “[SALAH] Pesan Berantai Ulang Tahun WhatsApp ke-11 Gratis Kuota 35GB” pada tanggal 1 Agustus 2020.

Pesan berantai yang pernah muncul juga pada 2018, 2019, 2020, dan 2021 ini adalah penipuan untuk mencuri data pengguna dengan motif bagi bagi kuota.

Tangkapan layar hoaks.
Tangkapan layar hoaks.

Pengguna yang mengklik tautan tersebut, kemudian diarahkan untuk membagikan informasi tersebut di WhatsApp dan tautan ini diduga merupakan phising yang berpotensi berbahaya.


KESIMPULAN

Penelusuran mafindo, bagi-bagi kuota gratis tersebut adalah hoaks lama yang Beredar Kembali (HLBK). Klaim ini adalah hoaks dengan kategori konten palsu. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Enzim Luciferase Dalam Vaksin Bisa Jadi Alat Pelacak

##HOAKS/FAKTA #Penyebar Hoaks #Mafindo
Bagikan
Bagikan