[Hoaks atau Fakta]: Warna Coklat Milik Satpam, Polri Ubah Seragam Jadi Warna Biru

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Jumat, 20 Agustus 2021
[Hoaks atau Fakta]: Warna Coklat Milik Satpam, Polri Ubah Seragam Jadi Warna Biru
Anggota Kepolisian. (Foto: TMC Polda Metro Jaya)

MerahPutih.com - Beredar postingan di Facebook oleh akun bernama “Banyu Langit V”, postingannya disertai 3 foto, yakni foto 4 orang berseragam polisi warna biru, beberapa orang Polisi membawa seragam polisi berwarna biru dan gambar anak-anak memakai seragam polisi berwarna biru.

Postingan Banyu juga terdapat narasi bahwa seragam biru tersebut adalah seragam baru Kepolisian RI dan seragam coklat digunakan Satpam.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: PPKM Diperpanjang Sampai Kiamat

"Seragam Baru Nihooo
*gambar 1
4 orang bejejer mengenakan seragam polisi berwarna biru
dengan tulisan: Seragam Baru Polri Seragam Lama Coklat untuk Satpam.
*gambar 2
Beberapa orang dari Kepolisian membawa seragam berwarna biru.
*gambar 3
gambar anak-anak memakai seragam polisi"

https://archive.vn/JeO9q


FAKTA

Hoaks serupa juga beredar sejak Oktober tahun 2020 lalu, yang menarasikan seragam Polisi RI telah berubah warna menjadi biru mirip “Komunis Tiongkok”

Dilansir dari jawapos.com, keempat orang pada gambar yang mengenakan seragam Polisi berwarna biru tersebut adalah WNA asal Tiongkok yang menyamar sebagai Polisi China untuk melakukan penipuan.

Kapolres Barelang AKBP Prasetyo Rachmat Purboyo menerangkan, para WNA tersebut beraksi dan menipu para WNA asal Tiongkok di Indonesia, dengan cara menghubungi para korban lewat internet dan video call untuk dimintai transfer sejumlah uang ke rekening bank di Tiongkok.

“Mereka ini tugasnya menghubungi. Meminta sejumlah uang untuk ditransfer ke rekening di Tiongkok. Korbannya adalah warga negara Tiongkok yang ada di Indonesia,” ujar Kapolres Barelang AKBP Prasetyo.

Tangkapan layar hoaks. (Foto: Mafindo)
Tangkapan layar hoaks. (Foto: Mafindo)

Adapun foto para Polisi yang membawa seragam berwarna biru merupakan gambar yang berasal dari artikel portal berita online batamnews.co.id, dengan judul artikel “Pura-pura Jadi Polisi China, Modus Pelaku Cyber Fraud di Batam” dimuat pada Jumat 20 September 2019.

Masih sehubungan dengan kasus penyamaran WNA asal Tiongkok, artikel dari batamnews.co.id tersebut menginformasikan bahwa pihak Kapolresta Balerang telah menangkap warga asing asal China dan Taiwan berjumlah 47 orang, karena terbukti melakukan penipuan kepada WNA China di Indonesia.

KESIMPULAN

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa klaim Banyu Langit V adalah HOAX dan termasuk kategori menyesatkan.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Pemerintah Arab Saudi Minta Jokowi Lengserkan Anies

##HOAKS/FAKTA #Penyebar Hoaks #Polri
Bagikan
Bagikan