[HOAKS atau FAKTA]: Wapres Ma'ruf Amin Minta Rakyat Gunakan Kayu Bakar

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Jumat, 23 September 2022
[HOAKS atau FAKTA]: Wapres Ma'ruf Amin Minta Rakyat Gunakan Kayu Bakar
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Beredar unggahan tangkapan layar artikel berita di media sosial Twitter berjudul "Wapres minta rakyat Pakai kayu bakar saat masak biar irit", dengan foto ilustrasi Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin berpidato di podium.

Dalam tangkapan layar tersebut juga tertera tanggal publikasi yaitu 19 September 2022, serta nama jurnalis yang menulis konten tersebut.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Penggunaan Masker Memperburuk Kesehatan Tubuh

FAKTA

Artikel aslinya diunggah oleh situs berita okezone.com berjudul "Wapres Ma'ruf Amin: Prof Azyumardi Azra Akademisi Berkaliber Dunia" pada 19 September 2022 pukul 18.59 WIB dengan nama jurnalis Binti Mufarida.

Persamaan lainnya juga terlihat dari foto Wapres Ma’ruf Amin menggunakan batik yang didominasi warna cokelat dan memakai kopiah.

Tangkapan layar hoaks.
Tangkapan layar hoaks.

Sementara itu, tidak ditemukan informasi dari media daring yang menyebutkan Wapres Ma'ruf Amin meminta masyarakat memasak menggunakan kayu bakar agar lebih irit.


KESIMPULAN

Dari penelusuran, tangkapan layar artikel berita yang beredar tersebut merupakan hasil suntingan. Artinya, informasi yang beredar tersebut dipastikan hoaks. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Ratu Elizabeth II Simpan Banyak Emas di Ruangan Bawah Tanah

##HOAKS/FAKTA #Fakta
Bagikan
Bagikan