[HOAKS atau FAKTA]: Wapres Ma’ruf Amin Izinkan Warga Mudik Lewat Tol Langit Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Rabu (11/3). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Beredar melalui media sosial (medsos) Facebook, sebuah tangkapan layar memperlihatkan pemberitaan milik portal daring media swasta.

Dalam tangkapan layar itu, cnnindonesia.com pada Kamis 19 Maret 2020 pukul 13.10 menerbitkan artikel berjudul “Darurat Corona, Ma’ruf Amin Himbau Mudik Lewat Tol Langit Saja”.

Baca Juga

[Hoaks atau Fakta]: Pria Mengaku Dibegal di Cilandak hingga Terluka Parah

Cek Fakta

Apabila ditelusuri lebih lanjut, diketahui bahwa judul pada tangkapan layar tidak sesuai dengan judul pada artikel asli yang diterbitkan oleh media tersebut.

Coba melakukan penelusuran lebih lanjut, melalui indeks pemberitaan milik cnnindonesia.com yang diterbitkan pada Kamis (19/3) pukul 10.31 WIB. Diketahui bahwa portal itu tidak menerbitkan artikel seperti tangkapan layar yang berjudul “Darurat Corona, Ma’ruf Amin Himbau Mudik Lewat Tol Langit Saja”.

Foto
Foto: Mafindo

Artikel tersebut diketahui merupakan hasil suntingan dari artikel asli yang berjudul “Darurat Corona, Ma’ruf Amin Imbau Warga Tak Mudik”.

Artikel itu menjelaskan bahwa Wakil Presiden Ma’ruf Amin menghimbau masyarakat agar tidak mudik saat libur lebaran Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah, 24-25 Mei 2020.

Baca Juga

[HOAKS atau FAKTA]: Bagi yang Berkeliaran saat PSBB di Bandung Akan Dipukul Rotan oleh Aparat

Hal itu diharapkan mampu memutus mata rantai persebaran virus corona. Wapres Ma’ruf Amin menganjurkan untuk masyarakat yang tidak mudik agar melakukan silaturahmi jarak jauh melalui sambungan telepon, video call maupun menggunakan media sosial.

Kesimpulan

Unggahan berupa tangkapan layar di atas yakni dengan merubah judul sebuah artikel, masuk ke dalam kategori maniputaled content atau konten yang dimanipulasi. Manipulated content adalah proses penyuntingan sebuah konten baik dari segi judul, waktu, gambar dan juga logo dengan tujuan tertentu. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH