[HOAKS atau FAKTA] Wapres Ma'ruf Amin Dihipnotis Uya Kuya Wakil Presiden Ma'ruf. (ANTARA/Fransiska Ninditya)

MerahPutih.com - Akun facebook bernama Putra Inka mengunggah gambar Wakil Presiden Maruf Amin yang sedang dirangkul oleh presenter Uya Kuya.

Dalam gambar yang diunggah, Putra juga menyertakan narasi seolah-olah Maruf Amin tengah di hipnotis oleh Uya Kuya dan ditanyai mengenai Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP).

Uya Kuya’
Saya Coba Akan Menghipnotis Pak Ma’ruf Amin Apakah Beliau Jujur Dan Tau Tentang RUU HIP Yang Ngotot Di Usulkan PARTAI BANTENG Yang Ingin Mengganti PANCILA Dan Apakah Beliau Menyetujui Tentang RUU HIP itu??????
Jawabannya’Cukup Kalian Yang Bisa Menilai.”

Cek fakta:

Berdasarkan penelusuran Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) foto tersebut merupakan hasil suntingan atau editan. foto asli yang pertama adalah foto Uya Kuya.

Foto tersebut diambil dari tayangan sebuah acara telivisi dimana Uya Kuya sedang menghipnootis komedian Sule. Video tersebut diunggah oleh kanal youtube Ini Talk Show pada 24 oktober 2019.

Foto: Mafindo

Kemudian yang kedua adalah foto Wapres Maruf Amin yang tengah duduk sambil mengenakan masker hitam. Foto asli diambil dari tayangan di kanal youtube kompas TV saat sidang berlangsungnya sidang paripurna dengan para Menteri pada 28 juni 2020.

Kesimpulan

Informasi di atas dipastikan hoaks. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH