[Hoaks atau Fakta]: Vietnam Kendalikan COVID-19 Dengan Air Lemon Panas

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 16 Februari 2021
[Hoaks atau Fakta]: Vietnam Kendalikan COVID-19 Dengan Air Lemon Panas
Peta Vietnam. (Foto: Tangkapan Layar)

MerahPutih.com - Sebuah akun media sosial Facebook mengunggah sebuah postingan yang mengklaim bahwa negara Vietnam tercatat tidak memiliki kasus kematian akibat COVID-19.

Hal ini disebabkan karena masyarakat di negara Vietnam, rutin mengkonsumsi air panas dengan tambahan perasan lemon.

“Kabar gembira dan istimewa.. Vietnam korban covid 19 tidak ada yng mati…Berita super.. obat virus covid 19 sudah tercapai informasi dari negara Vietnam.. virus covid 19 tidak menyebabkan kematian.. ternyata resepnya sangat sederhana tapi sangat ampuh.. hanya 1 teh..2 lemon..minumlah teh panas setelah di campur perasan lemon..dapat segera membunuh virus covid 19..dan dapat sepenuhnya menghilangkan virus covid 19 dari tubuh…2 bahan ini membuat sistem kekebalan tubuh menjadi bersifat basa.. karena ketika malam tiba sistem tubuh menjadi asam.. kemampuan detensif juga akan berkurang.. itulah sebabnya orang Vietnam santai saja dengan menyebarnya virus covid 19… Di Vietnam rata2 semua orang minum segelas air panas dengan sedikit lemon di malam hari… Karena telah terbukti membunuh virus covid 19 secara total… Bagikan resep sakti ini kepada siapapun untuk memburu pahala… Resep sederhana ini sangat efektif karena tidak akan terinfeksi virus covid 19.. Atas izin Allah SWT. YME…Selamat mencoba..Copas dari grup”

Baca Juga:

Lebih dari 80 Tersangka Hoaks COVID-19 Tak Ditahan

FAKTA

Melalui penelusuran tim Mafindo terkait kebenaran klaim tersebut, ditemukan fakta bahwa sampai pada bulan Januari 2021, Vietnam tercatat mengalami kasus kematian akibat Covid-19 sebanyak 35 orang.

Bahkan hasil Wordo Meters menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kasus Covid-19 di Vietnam pada Januari 2021.

Fakta ini menunjukkan bahwa walaupun berhasil menjaga angka kematian akibat Covid-19 tetap nol selama 3 bulan sejak awal penyebaran, Vietnam akhirnya melaporkan kasus kematian pertama pada Agustus 2020.

Hal ini diduga disebabkan oleh penyebaran yang tidak sengaja oleh orang-orang tanpa gejala yang terpapar Covid-19.

Lalu, terkait klaim yang menyatakan bahwa campuran air panas dengan lemon ampuh menjaga masyarakat Vietnam dari penyebaran Covid-19 juga merupakan hoaks.

Sampai hari ini tidak penelitian yang dapat membuktikan bahwa campuran air panas dan lemon memang benar-benar ampuh untuk mencegah Covid-19 atau tidak.

Hoaks ini sebelumnya telah muncul pada April tahun 2020. Mengutip dari artikel Liputan6 dengan judul “Hoaks Resep Lemon dan Teh Panas untuk Sembuhkan COVID-19 dari Palestina”. Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr. Daeng M. Faqih menyatakan bahwa hal tersebut belum terbukti benar dan belum ada penelitian ilmiahnya.

Selain itu, Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisonal dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), DR.dr. Inggrid Tania M.Si, menjelaskan bahwa lemon dan teh masing-masing memang bersifat antioksidan.

Jika dicampur, maka sifat antioksidan dalam campuran tersebut akan lebih tinggi lagi. Bahan alam yang bersifat antioksidan, biasanya bersifat meregulasi sistem imun dengan menangkal radikal bebas pada proses peradangan.

Tangkapan layar hoaks COVID-19 di Vietnam. (Foto: Mafindo)
Caption

Dokter Spesialis Gizi Klinik dari RS Metropolitan Medical Center, Raissa Edwina Djuanda juga menjelaskan bahwa asupan gizi dan antioksidan di dalam lemon memang berkontribusi terhadap pencegahan virus.

Namun meski begitu, bukan berarti lemon bisa membunuh virus corona, atau virus-virus lainnya yang ada dalam tubuh.

Adapun, perihal strategi Vietnam untuk mengatasi Covid-19 sehingga mampu menekan angka penyebaran dan korban meninggal akibat Covid-19, tidak terkait dengan penggunaan campuran teh dan lemon. Hal ini disebabkan dengan berbagai kebijakan yang cepat dan tanggap dari pemerintah Vietnam.


KESIMPULAN

Sampai Januari 2021, kasus kematian akibat COVID-19 di Vietnam mencapai angka 35 jiwa. Kecilnya kasus kematian ini tidak ada kaitannya dengan konsumsi campuran teh panas dan lemon.

Jadi dapat disimpulkan klaim yang menyatakan bahwa tidak adanya kematian akibat Covid-19 di Vietnam disebabkan karena masyarakatnya rajin mengonsumsi campuran teh panas dan lemon adalah hoaks kategori misleading content atau konten menyesatkan. (Knu)

Baca Juga:

Polisi Cokok 51 Penyebar Hoaks COVID-19, Pelaku Akui Cuma Iseng dan Bercanda

##HOAKS/FAKTA #Penyebar Hoaks #COVID-19
Bagikan
Bagikan