[HOAKS atau FAKTA]: Vaksinasi Booster Membunuh Anak - Anak

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 04 Mei 2022
[HOAKS atau FAKTA]: Vaksinasi Booster Membunuh Anak - Anak
Vaksinasi anak sekolah. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Beberapa waktu lalu, beredar gambar tangkapan layar dari sebuah video dengan klaim bahwa Dirjen WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus membuat pernyataan memperingatkan beberapa negara jika memberikan suntikan booster vaksin Covid-19 dapat membunuh anak-anak.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Kemensetneg Tetapkan Pejabat Gubernur Papua Barat

FAKTA

Dilansir dari AFP, terdapat kalimat yang dipenggal dan diinterpretasikan secara keliru. Penggalan video itu diambil dari pernyataan Tedros saat konferensi pers virtual WHO pada 20 Desember 2021.

Berdasarkan hasil tinjauan dari pernyataan Tedros yang sebenarnya, dalam pernyataan tersebut Tedros sedang membahas ketidakadilan vaksin global dan tidak sedang mengomentari terkait keamanan Vaksin COVID-19.

Tangkapan layar hoaks.
Tangkapan layar hoaks.

Tedros mengatakan "Some countries are using to give boosters to kill children, which is not right". WHO kemudian mengklarifikasi bahwa Tedros sempat tergagap dalam konferensi pers tersebut dan pernyataannya kemudian disalahartikan secara online.

Saat mengucapkan kata “child”, dia terjebak pada suku kata pertama “chil” dan yang keluar terdengar seperti “cil/kill”. Seketika itu Tedros kemudian melafalkan kembali dengan benar.

KESIMPULAN

Informasi tersebut dipastikan hoaks. Pasalnya, Dirjen WHO tak pernah menyebut vaksim booster bisa membunuh anak-anak. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Satu Keluarga Tewas Dalam Insiden Kecelakaan Mudik Lebaran

##HOAKS/FAKTA #WHO
Bagikan
Bagikan