[HOAKS atau FAKTA]: Vaksin COVID-19 Sebabkan Kelumpuhan di Wajah

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 08 Agustus 2022
[HOAKS atau FAKTA]: Vaksin COVID-19 Sebabkan Kelumpuhan di Wajah
Tangkapan layar hoaks.

MerahPutih.com - Beredar informasi bahwa Ramsay Hunt syndrome yang diderita Justin Bieber disebabkan oleh vaksin COVID-19.

Ramsay Hunt syndrome atau sindrom Ramsay Hunt adalah kondisi yang ditandai dengan kelumpuhan di wajah. Penyakit ini merupakan komplikasi dari herpes zoster atau penyakit cacar api yang terjadi pada orang dewasa.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Ilmuwan Berhasil Lakukan Kloning Manusia

Cuitan tersebut menyebut bahwa Ramsay Hunt syndrome termasuk salah satu kategori kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) vaksin Covid-19.


NARASI:

“Memang belum ada bukti vaksin Covid-19 sebagai penyebabnya. Yang jelas, jika benar Justin Bieber telah terima vaksin covid-19 maka sudah cukup bukti untuk memvonis Ramsay Hunt Syndrome sebagai salah satu kategori Kejadian IKUTAN Pasca Imunisasi/Vaksinasi.”

SUMBER: Twitter
https://archive.md/wip/XH2ZH

FAKTA

Ketua Satgas COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Prof. dr. Zubairi Djoerban telah menjelaskan terkait Ramsay Hunt syndrome yang diderita Justin Bieber dalam utas di akun Twitter yang dimilikinya. Dijelaskan bahwa Ramsay Hunt syndrome adalah suatu kondisi yang disebabkan reaktivasi virus.

Sindrom ini bertanggung jawab atas 12% kasus kelumpuhan wajah, dengan prognosis yang lebih buruk ketimbang Bell’s palsy (kelumpuhan salah satu sisi otot wajah sehingga wajah tampak melorot).

Virus yang menyebabkan penyakit ini adalah Varicella-zoster virus (VZV). Ini adalah virus yang sama yang menyebabkan anak-anak terkena cacar air dan cacar ular (herpes zoster) pada orang dewasa.

Di akhir utasnya dr Zubairi menjelaskan pula bahwa belum ada bukti terkait Ramsay Hunt Syndrome yang dialami Justin Bieber disebabkan vaksin Covid-19. Beliau menambahkan jika sindrom ini sudah ada obatnya di Indonesia dan tersedia juga di apotek-apotek.

Ia menjelaskan, obat-obatan yang bisa digunakan untuk penyakit Ramsay Hunt Syndrome, yakni Valacyclovir, Acyclovir, dan Famciclovir, menurut pengalamannya, untuk konsumsi Valacyclovir lebih baik ditambah dengan obat steroid (seperti Prednison).

KESIMPULAN

Klaim tentang Ramsay Hunt syndrome yang diderita Justin Bieber disebabkan oleh vaksin COVID-19 adalah keliru dan termasuk dalam kategori konten yang menyesatkan. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: PDIP Minta Anies Jangan Terus Bela Buruh

##HOAKS/FAKTA
Bagikan
Bagikan