[HOAKS atau FAKTA] Ulama Windusari Diculik karena Terpapar COVID-19

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 14 Mei 2020
[HOAKS atau FAKTA] Ulama Windusari Diculik karena Terpapar COVID-19
Ilustrasi hoaks. Foto: Net

MerahPutih.com - Beredar Informasi melalui media sosial (Medsos) Facebook atas nama Zhulaikha memposting pada 9 Mei 2020 lalu yang mengabarkan adanya penculikan secara halus seorang Kiai di wilayah Windusari, Kabupaten Magelang.

Unggahan disertai gambar mobil bak terbukn kepolisian itu juga menyebutkan bahwa penculikan Kiai pengasuh Pondok Pesantren tersebut yaitu dengan memvonis positif virus corona.

mafindp
Foto: Mafindo

Berikut narasinya:

yaa robby jaga Para ULAMA KAMI
Mereka ialah yg membawa sunnah kakesih mu ..

Mohon agar waspada ini kejadian diwindusari mereka sudah mulai(menjemput) menculik secara halus kyai, pengasuh pondok dengan menvonis yang bersangkutan positif korona.

lokasi Pondok pesantren di Ds Kiringan,Gondangrejo Windusari

Kab.
Magelang Jawa Tengah jumat 8/5/2020.

Baca Juga

[HOAKS atau FAKTA]: Kekhalifahan Otoman Temukan Vaksin Pertama di Dunia pada Tahun 1717

Cek fakta

Setelah ditelusuri dengan mesin pencari, pemberitaan dari Tribrata News, dengan judul “Bantah Kabar Kyai Diculik karena Positif COVID-19, Pihak Kepolisian Buka Suara.” Dalam narasinya disebutkan Kapolsek Windusari Iptu Irfan Azyan, membenarkan adanya pesan berantai hoaks yang meresahkan.

Irfan menjelaskan bahwa pada tanggal 8 Mei 2020 telah melakukan penjemputan seorang ulama dan dua orang lainnya di daerah Windusari. Hanya saja kata dia saat proses penjemputan tidak ada unsur paksaan dari petugas. Namun sebaliknya mendapat respon positif dari pasien dan pihak keluarganya.

Penelusuran berikutnya dengan mesin pencari dari beberapa media mainstream. Pikiran Rakyat, Boroburur News, juga mengabarkan hal yang serupa terkait klarifikasi penjemputan paksa ulama di Windusari. merupakan tidak benar, dan sudah dilakukan uji tes yang hasilnya positif.

Baca Juga

[HOAKS atau FAKTA]: MUI Perbolehkan Sholat Jumat dan Tarawih Berjamaah di Ketapang

Kesimpulan:

Berdasarkan hasil penelusuran, unggahan akun Facebook Siti Zhulaikha merupakan informasi yang tidak benar dan keliru. Faktanya ulama tersebut dijemput dengan tim medis APD lengkap, karena sebelumnya sudah dilakukan tes yang hasilnya positif Corona.

Maka, informasi tersebut dinyatakan sebagai Misleading content atau konten yang menyesatkan. (Asp)

##HOAKS/FAKTA
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan