[HOAKS atau FAKTA]: Ukraina Ancam Cabut Pengakuan Kemerdekaan Indonesia

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 14 Maret 2022
[HOAKS atau FAKTA]: Ukraina Ancam Cabut Pengakuan Kemerdekaan Indonesia
Tangkapan layar hoaks.

MerahPutih.com - Laman Facebook dengan nama pengguna “Alutsista Militer Indonesia” (https://www.facebook.com/alutsista86/) mengunggah sebuah video yang disertai dengan narasi bahwa video tersebut menunjukkan ancaman Ukraina untuk menarik kemerdekaan Indonesia setelah menolak resolusi PBB.

SUMBER: Facebook
https://archive.ph/6LMkx

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Radiasi HP Bikin Anak Alami Kebutaan

NARASI:
“Ngelawak !! Tolak Resolusi P.BB, Ukra1na Ancm Tarik Kemerdekaan Indonesia, Anda Siapa || Berita Terkini”


FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran Mafindo, dalam video tersebut tidak disebutkan sama sekali informasi terkait Ukraina yang mengancam untuk menarik kemerdekaan Indonesia.

Video tersebut berisi tentang pendapat beberapa ahli terkait posisi Indonesia dalam konflik Ukraina dengan Rusia. Terkait resolusi PBB, Indonesia sendiri merupakan salah satu dari 141 negara yang menyetujui resolusi untuk memaksa Rusia menghentikan serangan militer ke Ukraina.

Lebih lanjut, komunikasi terbaru Ukraina dengan Indonesia dilakukan oleh Kedutaan Besar Ukraina di Indonesia berupa surat resmi pada 1 Maret 2022.

Dalam surat tersebut, Ukraina meminta dukungan Indonesia untuk menghadapi konflik yang tengah terjadi, bukan untuk mengancam menarik kemerdekaan Indonesia.

KESIMPULAN

Dengan demikian, video yang diunggah oleh laman Facebook dengan nama pengguna “Alutsista Militer Indonesia” (https://www.facebook.com/alutsista86/) tersebut dapat dikategorikan sebagai konteks yang salah/false context.

Baca Juga:

[HOAKS atai FAKTA]: Putin Ultimatum Jokowi Agar Tidak Campuri Urusan Rusia-Ukraina

##HOAKS/FAKTA #Mafindo
Bagikan
Bagikan