[Hoaks atau Fakta]: Uji Coba Jaringan 5G Bikin Burung Mati

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 30 Agustus 2021
[Hoaks atau Fakta]: Uji Coba Jaringan 5G Bikin Burung Mati
Internet. (Foto:Pixabay)

MerahPutih.com - Beredar sebuah video melalui media sosial Telegram yang menginformasikan, jika burung dan beberapa hewan lain mati akibat terkena imbas uji coba jaringan 5G. Bahkan dalam narasinya, bebek menenggelamkan kepalanya untuk menghindari radiasi.

NARASI

Ini masih efek radius 5G pada hewan, bagaimaa efek radiasi 5G terhadap manusia apalagi terhadap yang sudah difucksin bila 5G sudah aktif didunia/ Indonesia

Baca Juga:

[Hoaks atau Fakta]: Jokowi Deklarasi Dukungan Capres Bagi Ganjar Pranowo

FAKTA

Pada video berdurasi 33 detik tersebut diperlihatkan beberapa cuplikan gambar, yang mana cuplikan pertama memperlihatkan orang memakai hazmat dan sedang memungut burung mati. Setelah dilakukan penelusuran menggunakan reverse image, gambar yang sama ditemukan di artikel bbc.com, yang membahas misteri kematian 3000 burung di Arkansas, Amerika Serikat, tahun 2011.

Komisi perikanan Arkansas menyebut kematian massal disebabkan "blunt force trauma” yakni benturan burung-burung tersebut pada obyek keras seperti rumah, pohon, tiang Iistrik, saat mereka beterbangan.

Tangkapan layar hoaks.
Tangkapan layar hoaks.

Sedangkan tentang cuplikan gambar yang memperlihatkan bebek mencelupkan kepalanya di ail perilaku tersebut adalah hal yang alamiah. Bebek-bebek yang ditampilkan dalam video adalah berjenis "Dabbling Duck" atau disebut bebek perenang.

Mereka hidup di daerah air dangkal dan sesekali mencelupkan kepalanya di air untuk mengambil makanan seperti ikan atau serangga.

KESIMPULAN

Berdasarkan hasil penelusuran, dalam website resmi covid.go.id telah diklariflkasi bahwa informasi tersebut tidak benar. (Asp)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Di Sukoharjo, Hajatan dan Hiburan Diperbolehkan oleh Bupati

##HOAKS/FAKTA #Fakta
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan