[HOAKS atau FAKTA] Transmart Ditutup 10 Hari Gegara Pegawai Kena COVID-19 Transmart Carrefour. FOTO/carrefour.co.id

MerahPutih.com - Beredar melalui pesan berantai Whatsapp informasi yang menyebutkan belasan orang terpapar positif COVID-19 di Transmart.

Dalam pesan tersebut disebutkan pula bahwa Transmart diinstruksikan ditutup selama 10 hari. Pesan berantai itu sempat menyebar di Palembang dan Pekanbaru.

Narasi:
“Info hari ini usahakan hindari berkunjung ke Transmart hari ini instruksi Gubernur akan di tutup selama 10 hri di karenakan belasan orang terpapar positif COVID-19. Hari ini Pol-PP berkoordinasi dgn Polda dan pangdam akan menutup transmart demikian utk di sampaikan ke keluarga kita masing2.. utk semnetra jgn berkunjung ke sana dlu. Tks.”

Cek fakta

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), diketahui bahwa informasi tersebut keliru.

Dilansir dari kumparan.com, VP Corporate Communication PT. Trans Retail Indonesia Satria Hamid menyampaikan bahwa informasi pesan berantai belasan orang terpapar corona di Transmart Palembang hoaks.

Satria bilang bahwa informasi tersebut diplesetkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Info yang sebenarnya bahwa ada pekerja proyek pembangunan Bumi Raya City Mall, Kubu Raya Pontianak, Kalimantan Barat, yang positif COVID-19.

Foto: Mafindo

Selain itu, pekerja tersebut bukanlah Karyawan Transmart melainkan pekerja proyek pembangunan Bumi Raya City Mall. Proyek pembangunan Kubu Raya tersebut terpisah dengan area Transmart dan terdapat pagar pemisah di sekeliling proyek. Pintu masuk proyek pun berbeda, tidak masuk dari Transmart melainkan dari jalan khusus.

Store Manager Transmart Pekanbaru Sholli Wahyudin pun angkat bicara. Ia menegaskan, tidak ada satu pun Transmart di Indonesia yang mengalami penutupan.

“Berita Transmart ditutup itu hoaks,” tegas Sholli, Rabu (29/7).

Terkait kasus di Kubu Raya, Humas dan Kepala Customer Service Transmart Kubu Raya, Budi Pranoto menyatakan aktivitas Transmart Kubu Raya, Kalimantan Barat ditutup selama satu hari untuk kegiatan penyemprotan disinfektan.

“Kegiatan bisnis di Transmart tutup selama satu hari untuk dimaksimalkan dulu kegiatan penyemprotan disinfektan,” katanya.

Sementara itu, proyek manajer PT Gaia Bumi Raya Mall Kubu Raya, Dedi Riswandi menerangkan, 16 pekerja yang terkonfirmasi positif Covid-19 sudah dilakukan isolasi. Mereka juga telah menghentikan sementara kegiatan atau aktivitas pembangunan.

“Yang terpapar itu tanpa gejala, kami akan hentikan dulu sekitar 10 hari atau 14 hari,” ujar Dedi.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan tersebut maka konten pesan berantai tersebut masuk ke dalam kategori False Context/Konten yang Salah. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH