[HOAKS atau FAKTA]: Tidak Pakai Masker di Singapura Ditangkap

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 16 November 2020
[HOAKS atau FAKTA]: Tidak Pakai Masker di Singapura Ditangkap
Masker pembunuh virus. (Foto Daily Mail)

MerahPutih.com - Akun Facebook Novi Andayani Praptiningsih mengunggah video yang menayangkan seorang perempuan ditangkap empat polisi di sebuah tempat ramai dengan narasi.

“Gak pakai masker di Singapura, ditangkap”

Cek fakta

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta Kompas. Faktanya, bukan karena tidak memakai masker. Perempuan itu ditangkap karena membuat onar di ruang publik dan melecehkan polisi secara verbal.

Dilansir dari Kompas.com, potongan gambar pada video unggahan akun di atas dimasukkan ke dalam mesin pencari Google Image.

Hasilnya, terdapat tautan ke artikel Straits Times bertajuk “Woman allegedly poured soup over man’s head and bit his hand, verbally abused police at Novena Square.”

Dialihkan ke bahasa Indonesia, judul itu berbunyi “Seorang wanita diduga menuangkan sup ke atas kepala pria dan menggigit tangannya, melecehkan polisi secara verbal di Novena Square.”

Foto: mafindo

Dalam artikel yang diterbitkan pada 14 Oktober 2020 itu, terunggah video yang sama dengan video unggahan di Facebook.

Melansir artikel tersebut, juru bicara polisi mengatakan pihaknya menangkap seorang perempuan berusia 35 tahun karena perempuan itu dinilai dapat membahayakan dirinya dan publik.

Perempuan itu diduga berteriak ke seorang lelaki di sebuah restoran, menuangkan semangkuk sup ke kepala lelaki tersebut, juga meludahi dan menggigit tangan lelaki itu. Ketika diinterogasi polisi, perempuan itu melecehkan polisi secara verbal dan meludahi polisi. Perempuan itu ditangkap berdasarkan Undang-undang Kesehatan Mental.

Google Image juga mengeluarkan tautan ke today. Situs web media itu memuat tangkapan layar yang sama dengan potongan gambar pada video unggahan di Facebook.

Tangkapan layar itu ada di dalam artikel berjudul “Woman arrested after she allegedly poured soup on stranger, spat at him and bit his arm,” terbit pada 14 Oktober 2020.

Dalam bahasa Indonesia judul tersebut berarti “Wanita ditangkap setelah diduga menuangkan sup kepada orang asing, meludahinya dan menggigit lengannya.” Artikel tersebut juga mengisahkan peristiwa yang sama dengan artikel Straits Times.

Kesimpulan

Klaim adanya seorang perempuan ditangkap di Singapura karena tidak memakai masker adalah salah. (Knu)

##HOAKS/FAKTA #Masker
Bagikan
Bagikan