[HOAKS atau FAKTA]: Tentara Indonesia, Malaysia, Brunei, Afghanistan dan Turki Bersatu

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 18 Mei 2021
[HOAKS atau FAKTA]: Tentara Indonesia, Malaysia, Brunei, Afghanistan dan Turki Bersatu
Tangkapan layar soal hoaks tentara berbagai negara bersatu untuk perang di Palestina. (Foto: MP/Turnbackhoax.id)

MerahPutih.com - Akun Facebook Aiman Farhan (fb.com/aidan.karlos) pada 14 Mei 2021 mengunggah beberapa video yang memperlihatkan pasukan tentara yang tengah berkumpul serta berbagai kendaraan tempur yang sedang berparade di jalanan.

Unggahan itu disertai dengan narasi sebagai berikut:

“Bismillah. Hari ini petang ini.smua tentara Indonesia. Malaysia.burunai. afganistan. Turki bersatu. Doakan tentara2 kita… Kita mau lebaran. Tentara berangkat mau perang untuk membela agama Allah di #palestin …. Jangan lupa follow FB sy Aiman Ayong =tiktok Aiman farhan”

Sumber : https://bit.ly/3oqoseY (Arsip)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: TNI Diberangkatkan ke Palestina untuk Berperang


FAKTA:

Berdasarkan hasil penelusuran Tim CekFakta Tempo, adanya video-video yang memperlihatkan pasukan tentara yang tengah berkumpul serta berbagai kendaraan tempur yang sedang berparade di jalanan yang diklaim sebagai video tentara Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Afghanistan, dan Turki yang bersatu untuk berperang di Palestina merupakan klaim yang menyesatkan.

Faktanya, tidak terkait dengan ketegangan antara Palestina dan Israel dalam beberapa hari terakhir. Video-video tersebut diambil di waktu dan lokasi yang berbeda-beda, dengan konteks yang berbeda-beda.

Dilansir dari Tempo, berikut hasil pemeriksaan fakta terhadap beberapa video tersebut:

1. Video yang memperlihatkan pasukan tentara yang tengah berkumpul

Sebelumnya, video yang sama pernah diklaim sebagai pengiriman pasukan TNI ke Papua sebagai imbas dari terbunuhnya Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Papua. Organisasi cek fakta Mafindo telah memverifikasi klaim tersebut, dan menyatakan bahwa video itu terkait dengan penugasan Batalion Infanteri (Yonif) 131 Braja Sakti dalam Operasi Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Indonesia-Papua Nugini.

2. Video konvoi kendaraan tempur yang sedang berparade di jalanan 1

Video ini pernah diunggah ke TikTok oleh akun @turkishcardoo pada 13 Mei 2021. Dalam keterangannya, akun itu hanya menulis, “Tentara Muhammad akan datang.” Tidak terdapat penjelasan lain yang mengaitkan video itu dengan memanasnya konflik antara Palestina dan Israel.

Tangkapan layar soal hoaks tentara berbagai negara bersatu untuk perang di Palestina. (Foto: MP/Turnbackhoax.id)
Tangkapan layar soal hoaks tentara berbagai negara bersatu untuk perang di Palestina. (Foto: MP/Turnbackhoax.id)

3. Video konvoi kendaraan tempur yang sedang berparade di jalanan 2.

Video ini adalah video milik akun TikTok @antistressor. Dalam profilnya, akun itu menulis bahwa video-video yang diunggahnya diambil dari kanal YouTube milik Kementerian Pertahanan Rusia. Video di atas diunggah ke TikTok pada 7 Mei 2021. Dalam keterangannya, akun ini menulis, “Tiba untuk berpartisipasi dalam Parade Kemenangan #Moskow #Rusia.”

Dilansir dari CNN Indonesia, pada 9 Mei 2021, Rusia memperingati Hari Kemenangan atau Victory Day ke-76. Peringatan hari kemenangan Rusia dalam Perang Dunia II ini diisi dengan parade militer. Sebanyak 12 ribu personel militer ambil bagian dalam parade tersebut.

Rusia pun memamerkan lebih dari 190 kendaraan militer, termasuk peluncur rudal balistik. Dalam artikelnya, CNN Indonesia pun memuat sejumlah foto yang diambil dari parade militer tersebut. Dalam salah satu foto, terdapat kendaraan tempur yang sama dengan yang terlihat dalam video di atas.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA] Jokowi Pakai Baju Baru untuk Lebaran di Solo

4. Video peluncuran pesawat ruang angkasa

Video ini juga merupakan video milik akun TikTok @antistressor. Video tersebut diunggah pada 12 April 2021, sebelum kembali memanasnya konflik antara Palestina dan Israel baru-baru ini.

Dalam keterangannya, akun itu juga menulis, “Hari ini adalah 12 April – Hari Kosmonautika!” Dalam video tersebut, memang terlihat pesawat ruang angkasa yang hendak diluncurkan.

Pesawat ruang angkasa yang identik itu terlihat dalam video yang diunggah ke YouTube oleh kanal milik stasiun televisi Rusia, Channel One, pada 9 April 2021. Video tersebut berjudul “Peluncuran pesawat ruang angkasa Soyuz dari Baikonur didedikasikan untuk peringatan penerbangan berawak pertama ke luar angkasa”.

Dikutip dari Spacenews.com, pada 9 April 2021, pesawat ruang angkasa Soyuz yang membawa dua kosmonot Rusia dan satu astronot Amerika Serikat tiba di stasiun luar angkasa, beberapa jam setelah peluncurannya dari Kazakhstan. Roket Soyuz-2.1a ini lepas landas dari Kosmodrom Baikonur pada pukul 03.42 waktu Timur, menempatkan pesawat ruang angkasa Soyuz MS-18 ke orbit.

Pesawat ini merapat dengan modul Stasiun Rassvet pada pukul 07.05. Foto-foto persiapan peluncuran pesawat ruang angkasa Soyuz MS-18 itu pun pernah dimuat oleh Tempo pada 7 April 2021. Pesawat ini diluncurkan dari Kosmodrom Baikonur, Kazakhstan. Soyuz MS-18 akan membawa astronot Mark Vande Hei dari NASA, AS, serta kosmonot Oleg Novitskiy dan Pyotr Dubrov dari Roscosmos, Rusia.

KESIMPULAN:

Unggahan tidak terkait dengan ketegangan antara Palestina dan Israel dalam beberapa hari terakhir. Video-video tersebut diambil di waktu dan lokasi yang berbeda-beda, dengan konteks yang berbeda-beda. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA] Vaksin COVID-19 Berbahaya Buat Perempuan Haid

##HOAKS/FAKTA #Palestina
Bagikan
Bagikan