[HOAKS atau FAKTA]: Shopee Bagikan Cashback Rp2 Juta bagi Pemilik Aplikasi

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 04 Mei 2021
[HOAKS atau FAKTA]: Shopee Bagikan Cashback Rp2 Juta bagi Pemilik Aplikasi
Tangkapan layar hoaks bagi-bagi cashback dari Shopee. (Foto: MP/Turnbackhoax.id)

MerahPutih.com - Beredar pesan melalui WhatsApp yang mengatasnamakan Shopee terkait pemberian cashback kepada pengguna aplikasi senilai Rp2 juta. Cara mendapat cashback yaitu dengan cara melakukan klaim pada sebuah link.

Link tersebut dikirimkan oleh pihak yang mengaku sebagai pegawai resmi Shopee.

NARASI:

Kaka mendapatkan cashback dari Shopee senilai Rp2.000.000 kaka Mau di uangkan atau mau di ShopeePay aja kak? Silahkan kak ambil claimcashback nya https://wp[dot]me/pd0psf-z.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA] Munarman Pakai Tongkat Setelah Ditembak Polisi

FAKTA:

Informasi mengenai pemberian cashback dari Shopee senilai Rp2 juta adalah informasi palsu.

Melansir dari tekno.kompas.com terdapat korban atas penipuan yang mengatasnamakan Shopee dalam hal pemberian cashback senilai Rp2 juta dengan syarat korban tersebut harus mengaktifkan fitur Shopee Pinjaman atau SPinjaman serta diharuskan pula untuk mengirimkan nomor kartu ATM agar dapat mencairkan cashback senilai Rp2 juta tersebut.

Tidak hanya itu, salah satu korban lain atas penipuan yang mengatasnamakan Shopee menyatakan bahwa korban diharuskan untuk mengirimkan nomor OTP kepada pelaku penipuan sebagai syarat untuk dapat mencairkan cashback yang diberikan kepada korban sebelumnya.

Tangkapan layar hoaks bagi-bagi cashback dari Shopee. (Foto: MP/Turnbackhoax.id)
Tangkapan layar hoaks bagi-bagi cashback dari Shopee. (Foto: MP/Turnbackhoax.id)

Selain itu, dilansir dari channel Youtube resmi Shopee Indonesia, mengimbau kepada para pengguna untuk berhati-hati terhadap penipuan yang dilakukan melalui telepon, pesan singkat, direct message (DM) Instagram, sebuah link website, ataupun pesan WhatsApp dengan mengatasnamakan Shopee.

Melalui video tersebut, pihak Shopee mengingatkan kepada para pengguna bahwa berbagai informasi resmi terkait Shopee hanya diinformasikan melalui website resmi serta media sosial resmi Shopee yang telah terferivikasi.

Shopee mengimbau kembali kepada para pengguna untuk tidak memberitahukan kode OTP, password, atau pun PIN Shopee kepada siapa pun.

Baca Juga:

[Hoaks atau Fakta]: Kandungan Fluride di Pasta Gigi Sebabkan Kematian

KESIMPULAN:

Berdasar pada seluruh referensi, informasi terkait pemberian cashback senilai Rp2 juta kepada pengguna Shopee adalah hoaks dengan kategori fabricated content atau konten palsu. (Asp)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA] Pemerintah Cabut Larangan Mudik

#Shopee ##HOAKS/FAKTA
Bagikan
Bagikan