[HOAKS atau FAKTA]: Sering Kram dan Kesemutan Terindikasi Stroke

Mula AkmalMula Akmal - Jumat, 10 Februari 2023
[HOAKS atau FAKTA]: Sering Kram dan Kesemutan Terindikasi Stroke
Tangkap layar konten hoaks. (Foto: mafindo)

MerahPutih.com- Sebuah akun Facebook memposting klaim bahwa mengikat jari kemudian menusuknya adalah pertolongan pertama pada penyakit stroke untuk penderita riwayat hipertensi, diabetes dan kolestrol.

NARASI

“Pencegahan awal gejala stroke untuk penderita riwayat hipertensi, diabetes dan kolestrol
Kalo ada kram2/kesemutan di tangan dan kaki anda.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: SBY dan AHY Tak Terima Lucas Enembe Ditangkap

FAKTA

Setelah ditelusuri, klaim tersebut adalah hoaks yang sudah lama beredar. Turnbackhoax.id beberapa kali membahasnya. Pada 23 Spetember 2019 dengan judul “[SALAH] Pertolongan pertama pada stroke dengan tusukan jarum ke ujung setiap jari masing-masing atau bagian bawah daun telinga”.

Kemudian pada tahun 2020 berjudul “[SALAH] Pertolongan Pertama Pada Stroke Dengan Tusuk Jari”. Serta artikel berjudul “[SALAH] Metode Pertolongan Pertama melalui Pelepasan Darah bagi Penderita Stroke” yang diunggah pada 2 Juni 2022.

Mengacu artikel-artikel yang pernah dikeluarkan tersebut, beberapa dokter spesialis menyatakan bahwa klaim tersebut adalah hoaks. Spesialis saraf dari FK Unika Atma Jaya, Dr.dr. Yuda Turana, Sp.S menyatakan bahwa menusukkan jarum pada jari jari yang diikat saat pertolongan pertama penderita stroke dapat meningkatkan tekanan darah dan memperburuk stroke-nya.

Dijelaskan oleh spesialis neurologi dari RS Ciptomangunkusumo, Dr dr H Al Rasyid, SpS(K), menusuk jari dengan jarum bukan cara yang bijak untuk menangani stroke. Bahkan cara ini bisa menyebabkan stroke makin parah.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: COVID-19 Sudah Diprediksi Sejak Tahun 1956

Penanganan awal stroke adalah menjaga patensi jalan nafas dan kestabilan sirkulasi darah pasien. Jika pasien tidak sadar, pastikan pasien dalam lingkungan yang aman, baringkan pada tempat yang aman. Posisikan pasien dengan tubuh menghadap ke samping kiri, untuk mencegah masuknya cairan ke saluran pernafasan (recovery position). Segera panggil pertolongan untuk membawa pasien ke unit gawat darurat terdekat.

Penanganan pasti dari stroke tergantung dari jenis stroke yang terjadi. Hal ini dapat dipastikan dengan melakukan pemeriksaan penunjang seperti CT scan dan MRI.

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas klaim menusuk jari pada pertolongan pertama saat stroke untuk penderita hipertensi, diabetes dan kolestrol adalah salah dan termasuk dalam kategori konten menyesatkan. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Prabowo Bantu Jokowi Melawan Eropa

##HOAKS/FAKTA
Bagikan
Bagikan