[HOAKS atau FAKTA ]: Satpol PP Makassar Gunakan Sepeda Brompton Harga Seratus Jutaan Tangkapan layar berita tentang Satpol PP akai sepeda Bromptom Rp100 juta. (Foto: MP/turnbackhoax.id)

MerahPutih.com - Viral sebuah narasi dan video di media sosial Twitter yang diunggah akun bernama @nikkichantikgm1 terkait beberapa anggota Satpol PP Makassar berpose menggunakan sepeda Brompton yang harganya hampir seratus juta rupiah.

Akun @nikkichantikgm1 juga membagikan video dari tayangan Youtube channel milik tvOneNews yang berjudul “MAHAL! Satpol PP Ini Pakai Sepeda Produksi Inggris untuk Bekerja”.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA] Megawati Soekarnoputri Mundur dari Ketum PDIP

Unggahan menceritakan bahwa para anggota Satpol PP tersebut menggunakan sepeda buatan Inggris harga seratus juta, serta menyampaikan keprihatinan melihat pajabat publik yang suka memfoya-foyakan uang rakyat.

Narasi:

Waduh satpol pp pakai sepeda dg harga seratus juta, buatan inggris. Kadang emg ngenas lihat pejbt publik suka bgt memfoya2kan uang rakyat.

Ini satpol pp daerah mana ya ?

Fakta:

Berdasarkan penelusuran, Kepala Satpol PP Kota Makassar Iman Hud mengatakan bahwa sepeda Brompton tersebut bukan inventaris Satpol PP Makassar. Tapi, ia membenarkan jika Satpol PP di foto tersebut adalah anggotanya.

Iman menuturkan, sepeda Brompton yang dipakai personelnya itu milik komunitas sepeda yang tengah berkunjung ke rumah jabatan Wali Kota Makassar pada 2019 lalu. Saat personelnya tengah menjaga rumah jabatan, Walkot Pj Wali Kota saat itu Iqbal Suhaeb memerintahkan personel Satpol PP menggunakan Brompton untuk difoto dan direkam video.

Tangkapan layar berita tentang Satpol PP akai sepeda Bromptom Rp100 juta. (Foto: MP/turnbackhoax.id)
Tangkapan layar berita tentang Satpol PP akai sepeda Bromptom Rp100 juta. (Foto: MP/turnbackhoax.id)

"Sepeda itu milik para komunitas yang kebetulan berkumpul di rumah jabatan wali kota dan menurut pengakuan anggota kami. Mereka itu Bapak Pj Wali Kota Iqbal Suhaeb yang pada saat itu menjabat, tahun lalu, tahun 2019,” terang dia.

Ia juga memastikan selama razia di jalan, petugas menaiki kendaraan dinas truk Satpol PP.

"Kami tidak ada patroli pakai sepeda dan semua petugas dikumpulkan dan menumpangi mobil dinas. Saya heran juga, kok bisa itu foto baru tersebar dan heboh sekarang," tutupnya.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA] Belanja Menggunakan Plastik Dikenakan Denda Rp250 Ribu

Kesimpulan:

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi mengenai anggota Satpol PP pakai sepeda Brompton harga seratus tuta hasil foya-foya uang rakyat tidak benar. Oleh sebab itu, unggahan tersebut masuk dalam misleading content/konten yang menyesatkan. (Asp)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA] Mahasiswa Tewas Dipukul Polisi Saat Demo Tolak TKA

Kredit : asropihs


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH