[HOAKS atau FAKTA]: Ribuan Orang Acak Acak DPR Demi Dukung Mahfud MD

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Kamis, 13 April 2023
[HOAKS atau FAKTA]: Ribuan Orang Acak Acak DPR Demi Dukung Mahfud MD
Tangkapan layar hoaks.

MerahPutih.com - Beredar sebuah unggahan video di media sosial Facebook yang mengeklaim bahwa ribuan warga mengubrak-abrik Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI).

Disebutkan bahwa aksi tersebut merupakan bentuk pembelaan para warga terhadap Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA] 8 Anggota DPR Ditangkap Akibat Korupsi Rp 300 Triliun

FAKTA

Gambar yang termuat dalam thumbnail video identik dengan gambar yang ada pada lamantempo.co terkait artikel penentangan mahasiswa terhadap beberapa Rancangan Undang-Undang (RUU) yang dianggap bermasalah.

Gambar tersebut tidak berkaitan dengan narasi ribuan warga mengubrak-abrik Gedung DPR RI.

Adapun dalam unggahan video itu sendiri tidak ditemukan informasi konkret terkait ribuan warga mengubrak-abrik Gedung DPR RI.

Sang narator dalam unggahan video hanya membacakan artikel milik republika.co.id terkait dukungan para buruh kepada Mahfud MD atas pembongkaran skandal dugaan tindak korupsi dan pencucian uang di Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak, Kementerian Keuangan.

KESIMPULAN

Informasi yang beredar tersebut dipastikan hoaks. Karena tak ada peristiwa perusakan gedung DPR oleh ribuan orang. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Jokowi Coret Israel dari Piala Dunia U-20

##HOAKS/FAKTA
Bagikan
Bagikan