[HOAKS atau FAKTA]: Rakyat Ukraina Marah Terhadap Jokowi

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Minggu, 10 Juli 2022
[HOAKS atau FAKTA]: Rakyat Ukraina Marah Terhadap Jokowi
Presiden RI Joko Widodo berdialog empat mata dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina, Rabu (29/6/2022). ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden.

MerahPutih.com - Akun Helo dengan nama pengguna “AMRAN ARIEF” mengunggah sebuah foto hasil tangkapan layar artikel CNN Indonesia berjudul “PRESIDEN ZELENSKY DAN RAKYAT UKRAINA BANTAH DAN MARAH SUDAH DI FITNAH DAN DI RENDAHKAN JOKOWI”.

Dalam artikel tersebut juga dicantumkan bahwa Presiden Ukraina Zelensky mengecam pernyataan Jokowi sebagai kebohongan besar.

SUMBER: Helo
https://archive.ph/pFO7N

Postingan viral (Mafindo)

FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran Mafindo, artikel dalam foto hasil tangkapan layar tersebut bukan merupakan artikel yang diunggah CNN Indonesia. Faktanya, CNN Indonesia sebaliknya tidak pernah mempublikasikan artikel dengan tangkapan layar tersebut.

Adapun berita yang dimuat CNN Indonesia terkait Zelensky dan Jokowi berjudul “Ukraina Jawab Klaim Jokowi soal Zelensky Titip Pesan ke Putin” yang diunggah pada 3 Juli 2022 dan berisi klarifikasi topik pembicaraan dalam pertemuan di Ukraina.

Baca Juga:

Didatangi Langsung Jokowi, Pemerintah Ukraina Ungkapkan Rasa Terima Kasih

Dalam artikel tersebut, klarifikasi disampaikan oleh Juru Bicara Kantor Kepresidenan Ukraina, Serhii Nikiforov. Zelensky juga tidak mengecam pernyataan Jokowi sebagai kebohongan besar, melainkan hanya menyatakan bahwa segala pesan darinya akan disampaikan secara langsung, bukan melalui perantara.

Tangkapan layar artikel CNN Indonesia dengan desain serupa telah banyak beredar sebelumnya. Salah satu artikel dengan topik serupa telah dimuat dalam situs turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] Berita CNN tentang “TEKA-TEKI KEHADIRAN ADE ARMANDO DI GEDUNG DPR-RI, BABAK BELUR DI HAJAR SEKELOMPOK ORAG TERJAWAB SUDAH” yang diunggah pada 20 April 2022.

KESIMPULAN

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Helo dengan nama pengguna “AMRAN ARIEF” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten Palsu/Fabricated Content. (Knu)

Baca Juga:

Jokowi Pastikan Bawa Pesan Presiden Ukraina ke Putin

##HOAKS/FAKTA #Konflik Ukraina
Bagikan
Bagikan