[HOAKS atau FAKTA]: Produk Buatan Indonesia Diboikot Amerika dan Israel

Mula AkmalMula Akmal - Selasa, 05 Desember 2023
[HOAKS atau FAKTA]: Produk Buatan Indonesia Diboikot Amerika dan Israel
Tangkap layar konten hoaks. (Foto: Mafindo)

MerahPutih.com- Beredar sebuah pesan berantai melalui media sosial Whatsapp.

Kali ini sebuah video berdurasi 36 detik yang menampilkan seorang pembawa berita yang menginformasikan mengenai aksi boikot oleh Israel dan Amerika terhadap produk-produk Indonesia.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: KPU dan MK Coret Gibran dari Cawapres Prabowo

Dalam video tersebut kemudian tertulis beberapa nama makanan khas Indonesia, yang disebut sebagai makanan-makanan yang diboikot oleh Israel dan Amerika.

FAKTA

Setelah melakukan penelusuran lebih lanjut, dapat dilihat bahwa video yang ramai beredar melalui pesan berantai ini ternyata merupakan video yang sengaja dibuat sebagai sebuah konten hiburan semata.

Hal ini ditunjukkan pula dengan narasi pada video tersebut yang menambahkan beberapa emotikon yang bernada jenaka.

Perlu diketahui bahwa video yang terdapat di dalam pesan berantai tersebut merupakan video yang telah melalui proses pengeditan. Video aslinya berasal dari cuplikan berita yang dibawakan oleh Ethan Forhetz di media KY3 News pada 17 April 2018 lalu.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Lionel Messi Dukung Israel


Cuplikan video yang diunggah ulang pada akun Facebook pribadi milik Ethan Forhetz tersebut membahas mengenai sketsa tersangka pencurian.

Sementara sampai saat ini, tidak ada informasi yang dapat membenarkan mengenai klaim tentang boikot yang dilakukan oleh Israel dan Amerika terhadap produk ataupun makanan yang berasal dari Indonesia.

Jadi dapat disimpulkan, klaim yang menyebutkan bahwa Israel dan Amerika melakukan boikot terhadap produk ataupun makanan dari Indonesia, merupakan informasi yang salah dan termasuk ke dalam kategori manipulated content atau konten yang dimanipulasi

KESIMPULAN

Faktanya, video yang beredar tersebut merupakan sebuah video yang telah dimanipulasi. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Nyamuk Wolbachia Sebabkan Radang Otak Pada Manusia

##HOAKS/FAKTA
Bagikan
Bagikan