[HOAKS atau FAKTA] Prabowo Subianto Resmi Jadi Wakil Presiden Ketum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Foto: Facebook/Partai Gerindra

MerahPutih.com - Akun Facebook Sarjana Militer mengunggah video yang berjudul “DUNIA TERKEJUT !! PRABOWO AKAN R3SMI JADI W4KIL PRESIDEN INDONESIA!!?”

Narasi

DUNI4 TERKEJUT !! PRABOWO RESMI AKAN JDI W4K1L PRESIDEN INDONESIA..

Video tersebut berisi potongan-potongan pernyataan dan pidato dari tokoh-tokoh negara seperti Jokowi, Prabowo, Susilo Bambang Yudhoyono, juga Anies Baswedan.

Cek fakta

Wakil Sekjen Partai Gerindra, Andre Rosiade mengatakan, Prabowo pernah ditawari untuk menjadi menteri pada pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) periode 2009-2014.

Mafindo
Foto: Mafindo

Tetapi, tawaran itu ditolak. Kemudian, Prabowo juga pernah menolak tawaran dari Presiden Jokowi untuk masuk dalam kabinet periode 2014-2019. Pada 2018, kata Andre, Prabowo menolak tawaran menjadi wakil presiden mendampingi Jokowi pada Pilpres 2019.

"Tahun 2018 Pak Prabowo ditawari jadi wakil presidennya Pak Jokowi, duduk manis jadi wapresnya Pak Jokowi, enggak perlu keluar modal, enggak diterima oleh Pak Prabowo," kata Andre.

Kesimpulan

Sehingga, unggahan ini dapat dipastikan hoax dengan kategori koneksi yang salah. Sebab, pernyataan dari akun Sarjana Video tidak ada hubungannya dengan cuplikan video pidato yang disampaikan tokoh-tokoh negara. (*)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH