[HOAKS atau FAKTA]: PJ Gubernur DKI Heru Hampir Tak Tertolong Karena Dikeroyok Massa

Mula AkmalMula Akmal - Jumat, 10 Maret 2023
[HOAKS atau FAKTA]: PJ Gubernur DKI Heru Hampir Tak Tertolong Karena Dikeroyok Massa
Tangkap layar konten hoaks. (Foto: Mafindo)

MerahPutih.com - Sebuah kanal Youtube bernama 212 TV mengunggah video berjudul “HAMPIR TAK TERSELAMATKAN !! PARA OJOL NEKAT AMUK PJ GUBENUR DI DEPAN BALAI KOTA”.

Pada thumbnail video tersebut, terdapat foto Gubernur DKI di tengah kerumunan massa berjaket ojek online dengan kondisi bagian dahi mengeluarkan darah.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Hakim Alami Kecelakaan Tunggal Usai Vonis Mati Ferdy Sambo

FAKTA

Berdasarkan penelusuran, foto thumbnail pada postingan tersebut merupakan hasil editan dari 2 foto yang berbeda. Foto bentrokan antar driver ojol ditemukan pada artikel CNNIndonesia berjudul “Tiga Korban Bentrok Ojol Vs DC Dioperasi di RSPAU Yogyakarta”.

Sementara itu, isi video berdurasi 8 menit tersebut merupakan gabungan dari cuplikan dari berbagai liputan berita televisi seperti tayangan CNNIndonesia berjudul “Ricuh, Pengemudi Gojek Dipukul Pengemudi Lain”, dan laporan Patra Indonesia Channel berjudul “Driver Ojol Dari Segala Penjuru Jabodetabek Serbu DPRD DKI Jakarta Tolak ERP”.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Ferdy Sambo Datangi Istana Mohon Tidak Dihukum Mati

Dari keseluruhan isi video, tidak ada narasi atau gambar yang menyatakan bahwa Pejabat gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono diamuk massa. Sementara itu, hingga kini Heru Budi masih bertugas baik seperti biasa. Tak ada peristiwa bahwa ia dianiyaya sekelompok pendemo.

KESIMPULAN

Informasi yang menyesatkan dan gambar yang digunakan pada thumnail merupakan hasil editan. Isi video itu sendiri merupakan cuplikan dari beberapa pemberitaan terkait kericuhan sesama driver ojek online. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Pasca Pensiun Mobil Dinas Anies Raib

##HOAKS/FAKTA
Bagikan
Bagikan