[HOAKS atau FAKTA]: Pesantren Alquran Terbakar, Puluhan Santri dan Guru Meninggal Tangkapan layar Facebook terkait kebakaran Pesantren Alquran yang menelan korban puluhan guru dan santri. (Foto: MP/turnbaxkhoax.id)

MerahPutih.com - Melalui media sosial Facebook, akun @MauraSmitone membagikan ulang sebuah artikel milik ikhtisar.net yang menyampaikan bahwa Pesantren Alquran terbakar dan sebanyak 28 santri dan guru meninggal dunia.

Unggahan milik @MauraSmitone telah dibagikan sebanyak empat kali, dan dikomentari oleh 22 pengguna Facebook lainnya.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA] Rencana Anies Bolehkan Sepeda Masuk Tol Disetujui

Narasi:

Breaking News; Pesantren Alquran Terbakar 28 Santri Dan Guru Meninggal Dunia, Semoga Yang Gugur Dalam Pesantren Tersebut Husnul Khotimah.

Fakta:

Terkait dengan artikel yang diterbitkan oleh ihktisar.net, diketahui bahwa informasi yang terdapat di dalamnya merupakan gabungan dari dua peristiwa berbeda, yang terjadi bukan dalam waktu dekat ini.

Sementara penggunaan istilah “Breaking News” atau berita sela yang berarti terkini pada judul menunjukkan atau dapat menggiring opini pembaca bahwa “Pesantren Alquran Terbakar 28 Santri Dan Guru Meninggal Dunia” adalah peristiwa yang baru saja terjadi.

 Tangkapan layar Facebook terkait kebakaran Pesantren Alquran yang menelan korban puluhan guru dan santri. (Foto: MP/turnbaxkhoax.id)
Tangkapan layar Facebook terkait kebakaran Pesantren Alquran yang menelan korban puluhan guru dan santri. (Foto: MP/turnbaxkhoax.id)

Melalui mesin pencari, diketahui bahwa isi pemberitaan pada artikel merupakan dua peristiwa kebakaran yang terjadi di tahun 2017 dan 2019.

Informasi pertama yang disampaikan adalah terkait dengan peristiwa kebakaran yang terjadi di Pondok Pesantren Darul Quran Ittifaqiyah Tahfiz Center, Kuala Lumpur, Malaysia. Melansir dari cnn.com, peristiwa tersebut diketahui terjadi pada 14 September 2017.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Orang Gangguan Jiwa Tak Ada Terkena COVID-19

Kesimpulan:

Berdasar pada seluruh referensi yang ada, artikel milik ikhtisar.net berjudul “Breaking News; Pesantren Alquran Terbakar 28 Santri Dan Guru Meninggal Dunia, Semoga Yang Gugur Dalam Pesantren Tersebut Husnul Khotimah” masuk ke dalam konten yang menyesatkan. (Asp)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Anies Berlakukan PSBB Total Instruksi Dari KAMI

Kredit : asropihs

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH