[HOAKS atau FAKTA]: Perdana Menteri Israel Mengakui Kekalahannya

Mula AkmalMula Akmal - Rabu, 06 Desember 2023
[HOAKS atau FAKTA]: Perdana Menteri Israel Mengakui Kekalahannya
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (ANTARA/AA)

MerahPutih.com - Beredar sebuah video di media sosial tiktok dari akun dengan nama pengguna parawaliy yang menampilkan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memakai rompi militer bersama pasukan tentara Israel disertai subtitle berbahasa Indonesia dengan klaim narasi yang menyatakan bahwa Israel mengakui kekalahannya.

FAKTA

Setelah dilakukan penelusuran, ditemukan video identik dengan video unggahan tersebut dari channel youtube resmi Al Jazeera English berjudul “In Gaza, Netanyahu tells troops: ‘We continue until victory’”.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: JIS Banjir saat Piala Dunia U-17, FIFA Kritik Erick Thohir

Dalam video tersebut terdapat keterangan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu melakukan kunjungan pertamanya ke Gaza sejak perang Israel-Hamas dimulai, dan mengatakan kepada tentara di sana bahwa Israel akan melanjutkan perjalanannya sampai mereka menang.

Subtitle yang ditampilkan pada video tersebut sama sekali tidak sesuai dengan pernyataan yang diucapkan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dalam video aslinya.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Produk Buatan Indonesia Diboikot Amerika dan Israel

Video aslinya juga tidak terdapat logo CNN seperti yang ditampilkan dalam video klaim yang beredar. Sehinggah dapat dipastikan logo CNN yang terdapat dalam video tersebut merupakan hasil manipulasi yang seolah-olah informasi tersebut diberitakan oleh CNN.

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas, tidak ada pernyataan Netanyahu yang mengakui kekalahannya. Informasi tersebut keliru dan termasuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: KPU dan MK Coret Gibran dari Cawapres Prabowo

##HOAKS/FAKTA
Bagikan
Bagikan