[HOAKS atau FAKTA]: Penumpang Bandara Paris Dilakukan Pemeriksaan Barang KW

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 16 Desember 2022
[HOAKS atau FAKTA]: Penumpang Bandara Paris Dilakukan Pemeriksaan Barang KW
Tangkapan layar soal hoaks penumpang Bandara Paris dilakukan pemeriksaan barang KW. (Foto: Turnbackhoax.id)

MerahPutih.com - Akun Twitter @LndMuslitaNazir membagikan cuitan yang menyebut adanya pemeriksaan barang KW atau palsu yang dilakukan di Bandara Paris, Prancis.

Dalam cuitannya tersebut disertai unggahan video.

Namun, pengunggah bukanlah sosok pria yang ada pada video.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Kawanan Kera Masuki Perumahan Warga di Dago Bandung

SUMBER:

https://archive.cob.web.id/archive/1670917841.657373/singlefile.html (Twitter)

NARASI: “Ini nih yg bikin gw anti bgt sm barang KW Malu sih kalo ketauan palsu, plus ternyata klo di luar negri cukup serius. Apalagi sejak doyan koleksi sneakers, gw anti bgt brg KW. Gw bakal perhatiin sedetil-detilnya buat mastiin barang yg gw beli ga palsu.”

FAKTA:

Setelah ditelusuri Mafindo, video tersebut berasal dari akun TikTok julioekspor, namun video aslinya sudah dihapus oleh pemilik akun.

Dalam video disebutkan bahwa setiap tas yang masuk di Bandara Paris akan dilakukan pengecekan dengan menggunakan metode scan dan akan dideteksi menggunakan sebuah alat.

Setelah dilakukan penelusuran, alat yang ditampilkan dalam video bukanlah alat deteksi barang KW, melainkan Explosive Trace Detector, Merk Leidos B220.

Juru bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati mengatakan bahwa pemeriksaan orisinalitas barang yang dibawa penumpang bukan menjadi wewenang pihak bandara.

Adita mengatakan bahwa pemeriksaan di bandara yang dilakukan oleh petugas hanya untuk memeriksa syarat ketentuan penerbangan.

Sebab, ada beberapa benda yang berbahaya dan tidak boleh dibawa oleh penumpang pesawat.

Senada dengan Adita, pengamat penerbangan Alvin Lie juga mengatakan bahwa pengecekan dilakukan untuk memeriksa adanya barang-barang berbahaya.

Barang-barang yang berbahaya tersebut di antaranya barang yang bersifat mudah terbakar, mudah meledak, beracun, gas bertekanan, hingga barang-barang yang menyerupai senjata.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Wapres Izinkan Jokowi Pakai Uang Negara untuk Pernikahan Kaesang

KESIMPULAN:

Cuitan yang disertai video yang beredar dengan klaim pemeriksaan barang KW di Bandara Paris adalah informasi yang salah.

Faktanya, pemeriksaan barang KW bukan merupakan wewenang dari pihak bandara. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Ormas Dapat Uang dari Infak Masjid

##HOAKS/FAKTA
Bagikan
Bagikan