[HOAKS atau FAKTA]: Paspampres Donald Trump Pakai Tangan Palsu

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 18 April 2022
[HOAKS atau FAKTA]: Paspampres Donald Trump Pakai Tangan Palsu
Tangkapan layar soal hoaks Paspampres Donald Trump pakai tangan palsu. (Foto: MP/Turnbackhoax.id)

MerahPutih.com - Akun Instagram dengan nama pengguna “otaklite” mengunggah sebuah video mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang berjalan menuju tempat pelantikannya sebagai presiden disertai keluarga dan paspampresnya.

Video tersebut juga disertai dengan narasi yang menyatakan bahwa salah satu anggota paspamres yang berada di sebelah kiri Melania Trump memakai tangan palsu untuk menyembunyikan tangan aslinya yang siap memegang senjata.

SUMBER: Instagram

https://archive.ph/rxH8a

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Takut Dipenjara, Driver Shopee Food di DIY Pasrah Jadi Korban Begal

NARASI:

“Paspampres Donald Trump selalu memakai Tangan palsu, Tangan asli disembunyikan di dalam jubah dengan senjata yang siap untuk menembak jika ada yang berani macam-macam ke Om Trump.”

FAKTA:

Berdasarkan hasil penelusuran Mafindo, video tersebut tidak menunjukkan salah satu anggota paspampres Donald Trump yang memakai tangan palsu.

Faktanya, dalam video lengkap yang diunggah oleh kanal YouTube CNN pada 21 Januari 2017 lalu dengan judul video “Watch the Trumps walk during inaugural parade”, anggota paspampres yang dimaksud tampak menggerakkan jari-jarinya pada detik 0:33.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA] Ratusan Orang Buat Petisi Bubarkan Banser

KESIMPULAN:

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Instagram dengan nama pengguna “otaklite” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konteks yang Salah/False Context. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Warung Makan Dibakar Karena Berjualan di Bulan Puasa

#Donald Trump ##HOAKS/FAKTA
Bagikan
Bagikan