[HOAKS atau FAKTA]: Pakai Masker Picu Penyakit Staph Ilustrasi - informasi hoaks terkait penggunaan masker. (Foto: MP/turnbachoax.id)

MerahPutih.com - Beredar status dari akun Facebook Leigh Dundas dengan sebuah foto berisikan beberapa orang dan narasi berisikan klaim bahwa pemakaian masker dapat menyebabkan infeksi staph atau juga disebut sebagai Staphylococcus.

Unggahan ini telah dikomentari sebanyak 231 kali dan disebarkan kembali sekiatr 1100 kali.

Berikutut narasi dalam unggahan tersebut:

For those of you who continue to assert that wearing a mask is perfectly healthy – and that they are not Petri dishes and breeding grounds for all manner of bacteria and virus particles – please see Exhibit A, below.”

Jika diterjemahkan akan berbunyi seperti ini:

”Bagi Anda yang terus menegaskan bahwa memakai masker itu sangat sehat – dan bahwa masker itu bukan cawan Petri dan tempat berkembang biak bagi semua jenis bakteri dan partikel virus – lihat Tampilan A, di bawah.”

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Tak Pakai Masker, Warga di Jalan Fatmawati Dihukum Masuk ke Peti Mati

FAKTA:

Berdasarkan dari artikel periksa fakta leadstories.com, salah satu dari kumpulan foto pada posting-an tersebut terdapat foto yang tidak berhubungan dengan infeksi staph dikarenakan ketika ditelusuri ternyata foto tersebut adalah foto dari tenaga medis dengan beberapa bekas pada kulit akibat penggunaan peralatan medis selama di rumah sakit di Italia yang di-posting di Twitter pada 25 Maret 2020.

Ilustrasi  - informasi hoaks terkait penggunaan masker. (Foto: MP/turnbachoax.id)
Ilustrasi - informasi hoaks terkait penggunaan masker. (Foto: MP/turnbachoax.id)

Laporan terjadinya infeksi Staph dikarenakan pemakaian masker belum pernah ada tetapi beberapa laporan terjadinya iritasi kulit dan luka tekan pada kulit. Dr. John Soderberg menjelaskan bahwa penggunaan masker tidak menyebabkan infeksi staph.

Sekarang ini sebagian orang adalah pembawa staph pada saluran hidung sehingga orang tersebut berpotensi untuk lebih banyak infeksi staph dari pemakaian masker, secara potensial tetapi tidak secara keseluruhan.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Naik jadi Rp10 Ribu, Nilai Tukar Rupiah Tak Mungkin Turun

KESIMPULAN:

Melihat dari penjelasan tersebut, klaim memakai masker dapat menyebabkan infeksi staph adalah tidak benar dan termasuk dalam Konten yang Menyesatkan/Misleading Content. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Depresi Ditinggal Nikah, Seorang Pria Buang Rp300 Juta di Jalan


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH