[HOAKS atau FAKTA]: Orang Gangguan Jiwa Tak Ada Terkena COVID-19 Tangkapan layar Facebook terkait tak ada orang gila terpapar coroona. (Foto: MP/turnbackhoax.id)

MerahPutih.com - Sebuah akun Facebook bernama Shiwa mengunggah status berisi klaim yang menyebutkan bahwa vaksin yang ampuh adalah darahnya orang gila.

Sebab selama pandemi ada sampai sekarang, tidak pernah ada orang gila yang terkena COVID-19.

“Vaksin yang ampuh darahnya orang gila, Selama covid19 ada orang gila smp sekarang tdk pernah kena covid19.”

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Anies Berlakukan PSBB Total Instruksi Dari KAMI

FAKTA:

Berdasarkan penelusuruan Tim Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), dilansir dari pemberitaan detik.com pada 12/06/2020, terdapat 7 orang gangguang jiwa yang terdeteksi positif corona di Jatim.

Dirut RSJ Menur dr M Hafidin Ilham di Surabaya mengatakan, orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang menjadi pasien positif COVID-19 di Jawa Timur hingga hari ini ada 7. Pasien ODGJ dirawat di Rumah Sakit Jiwa Menur.

Sementara itu, dilansir dari indopolitika.com, seorang perempuan paruh baya berusia 54 tahun yang memiliki gangguan jiwa yang berstatus positif corona atau COVID-19 sempat melarikan diri dari rumah, saat melakukan isolasi mandiri di rumahnya di daerah Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (31/3/2020).

  Tangkapan layar Facebook terkait tak ada orang gila terpapar coroona. (Foto: MP/turnbackhoax.id)
Tangkapan layar Facebook terkait tak ada orang gila terpapar coroona. (Foto: MP/turnbackhoax.id)

Pasien tersebut kabur diduga bosan karena seminggu terus menerus di dalam rumah. Warga sekitar sudah mengetahui yang bersangkutan positif terinfeksi corona, sehingga bisa dipastikan dia tak melakukan kontak dekat dengan warga sekitar.

Berita lainnya dilansir dari iniriau.com, dua ODGJ di Kabupaten Kampar, Riau pada senin, 20 juli 2020.

“Dari 15 kasus baru di Riau hari ini, dua diantaranya adalah orang dengan gangguan jiwa (ODGJ),” kata Juru Bicara Percepatan Penanggulangan COVID-19 Riau, dr Indra Yovi di Gedung Daerah Provinsi Riau, Senin (20/7/20).

Dua ODGJ positif Covid-19 ini menjadi pasien Covid-19 ke-286 dan ke-287. Ia menjelaskan, bahwa pasien kr-286 positif covid-19 di Riau adalah nyonya AN (53) yang merupakan warga Kabupaten Kampar dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru.

Baca Juga:

[HOAKS Atau FAKTA]: Pembagian Masker dari Rumah ke Rumah Diberi Bius

KESIMPULAN:

Klaim bahwa selama pandemi tidak ada orang ganggguan jiwa yang terkena COVID-19 adalah salah. Dari penelusuran beberapa pemberitaan media, terdapat orang dengan gangguan jiwa di beberapa daerah yang positif terinfeksi. (Knu)

Baca Juga:

[Hoaks atau Fakta]: Rumah DP 0 Persen Anies Berbentuk Peti Mati


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH