[HOAKS atau FAKTA]: Nekat Kabur dari Mako Brimob, Ferdy Sambo Didor di Tempat

Zulfikar SyZulfikar Sy - Minggu, 21 Agustus 2022
[HOAKS atau FAKTA]: Nekat Kabur dari Mako Brimob, Ferdy Sambo Didor di Tempat
Tangkapan layar YouTube soal hoaks Ferdy Sambo ditembak karena berusaha kabur dari Mako Brimob. (Foto: MP/YouTube)

MerahPutih.com - Sebuah kanal YouTube bernama NUSANTARA UPDATE mengunggah video disertai narasi yang menyebutkan Irjen Ferdy Sambo melarikan dari rumah tahanan Mako Brimob.

Dalam thumbnail video tersebut juga terdapat narasi klaim bahwa Ferdy Sambo ditembak di tempat.

SUMBER: YOUTUBE

(https://archive.fo/2ztNS)

Baca Juga:

[Hoaks atau FAKTA] :Jokowi Tagih Utang ke Malaysia

NARASI:

“MAMPUS KAU SAMBO!! NEKAT MELARIKAN DIRI DARI MAKO BRIMOB! SAMBO LANGSUNG DI DOOR DI TEMPAT! BEGINI KONDISI DIA SEKARANG".

FAKTA:

Berdasarkan penelusuran Mafindo, setelah ditonton hingga usai, video berdurasi 3 menit 9 detik itu tidak ditemukan adanya keterangan bahwa Ferdy Sambo melarikan diri dari Mako Brimob dan ditembak di tempat.

Video yang berupa gambar-gambar slide show itu menampilkan keterangan dari pengacara Ferdy Sambo, yakni Arman Hanis bahwa Ferdy Sambo akan bertanggung jawab terhadap semua perbuatannya sesuai hukum yang berlaku.

Sementara itu, terdapat narasi voice over yang menyebut bahwa Kabareskrim Polri Komjen Agus Adrianto mengatakan bahwa dugaan pelecehan seksual yang dilakukan oleh Brigadir J kepada istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawati kecil kemungkinannya terjadi.

Berdasarkan isi video tersebut, tidak ada keterangan bahwa Ferdy Sambo melarikan diri dari Rutan Mako Brimob dan hingga kini tidak ada laporan kredibel terhadap pernyataan tersebut.

Sebelum menjadi tersangka, Ferdy Sambo telah ditangkap dan ditempatkan di Mako Brimob untuk menjalani pemeriksaan soal dugaan pelanggaran kode etik sejak Sabtu (6/8/2022).

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Tokopedia Buka Lowongan Kerja dengan Gaji Rp 200 Ribu

KESIMPULAN:

Informasi menyesatkan. Setelah ditonton sampai akhir, di dalam video tersebut tidak ditemukan adanya pernyataan bahwa Ferdy Sambo melarikan diri dari Mako Brimob dan ditembak di tempat.

Hingga kini, Ferdy Sambo masih ditahan di rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Kota Depok. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Mantan Pimpinan KPK Ditangkap Polisi

##HOAKS/FAKTA
Bagikan
Bagikan