[HOAKS atau FAKTA]: Muncul Varian COVID-19 Florona

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Minggu, 09 Januari 2022
[HOAKS atau FAKTA]: Muncul Varian COVID-19 Florona
Vaksinasi COVID-19. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Beredar di media sosial Twitter adanya informasi mengenai varian COVID-19 baru bernama Florona.

NARASI
Virus:
Corona, varian Delta
Omicron
Florona
Next....
Mbok uwes nek gae uwong podo sengsoro

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA] Cristiano Ronaldo Keturunan Bali

FAKTA

Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zubairi Djoerban menegaskan Florona bukanlah salah satu hasil mutasi dari varian baru COVID-19 tetapi merupakan fenomena terjadinya infeksi ganda akibat dua buah virus yang berbeda.

"Mengenai Florona ini, sebenarnya bukan varian baru. Namun ada infeksi ganda, artinya ada dua jenis virus yang menginfeksi pada seseorang (secara bersamaan)," kata Zubairi.

Menanggapi adanya ibu hamil di Israel yang terinfeksi kedua virus tersebut secara bersamaan, Zubairi menuturkan, hal tersebut terjadi karena adanya kondisi sistem imunitas pada tubuh yang sedang lemah.

Artinya, kasus seperti ini jarang terjadi. Namun, tetap memiliki kemungkinan untuk menulari seseorang secara bersamaan, karena kedua virus sama-sama menular melalui udara atau droplet dan menyerang saluran pernafasan.

Tangkapan hoaks.
Caption

Walaupun memiliki persamaan dalam cara penularan, baik COVID-19 maupun influenza memiliki penyebab yang berbeda. Sehingga obat atau vaksin yang diberikan kepada pasien diberikan secara berbeda pula.

"Tidak perlu khawatir karena influeza amat sangat jarang ditemukan di Indonesia apalagi yang menyebabkan kematian. Influenza jangan dikira sam dengan flunya orang Indonesia," ucap Zubairi.

KESIMPULAN

Informasi mengenai varian COVID-19 baru bernama Florona adalah tidak benar atau konteks yang salah. (Asp)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA] Sumur Resapan Memakan Korban

##HOAKS/FAKTA #COVID-19
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan