[HOAKS atau FAKTA]: Mobil Gibran Diserang

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Jumat, 17 Februari 2023
[HOAKS atau FAKTA]: Mobil Gibran Diserang
Tangkapan layar hoaks.

MerahPutih.com - Channel youtube INFO POPULER mengunggah video dengan narasi yang mengklaim bahwa mobil Wali Kota Solo Gibran Rakabumingraka diserang akibat mengunggah foto Anies Baswedan mengenakan baju KPK.

Video unggahan tersebut berisi cuplikan-cuplikan video yang digabung menjadi satu. Beberapa potongan dalam video tersebut berisi tanggapan dari beberapa pihak mengenai cuitan Gibran yang mengunggah foto Anies Baswedaan masuk gorong-gorong.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Bill Gates Masukan Vaksin mRNA ke Makanan

FAKTA

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo. Faktanya judul dan isi video tidak berkaitan. Isi dalam video tersebut sama sekali tidak menampilkan adanya perusakan mobil Gibran dan thumbnail pada video tersebut merupakan gambar hasil editan.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari dexco.suara.com dengan judul “Anies-Gibran Saling Balas Cuitan Disorot Warganet: Elitenya Haha-Hihi, Akar Rumput pada Berantem” yang diunggah pada 4 Januari 2023. Thumbnail dalam video tersebut juga merupakan gambar yang telah diedit.

Gambar yang menampilkan beberapa orang melakukan perusakan mobil tersebut identik dengan gambar yang diunggah oleh detik.com pada atikel berjudul “Di Tengah Demo Omnibus Law di Surabaya, Sekelompok Remaja Rusak Mobil Polisi” yang tayang pada 8 Oktober 2020.

Klaim Gibran unggah foto Anies Baswedan mengenakan baju KPK juga merupakan narasi yang salah, foto tersebut merupakan foto Anies mengenakan rompi berlogo Pemprov DKI Jakarta yang sedang membersihkan gorong-gorong. Lalu, Gibran tak pernah memposting apapun soal Anies yang diviralkan hoaks pakai baju KPK.

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas klaim bahwa mobil Gibran diserang usai posting foto Anis pakai baju KPK tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Senjata Amerika Pencipta Gempa Turki

##HOAKS/FAKTA
Bagikan
Bagikan