[HOAKS atau FAKTA]: Melakukan Tes PCR Sama dengan Mendapatkan Vaksinasi

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 20 April 2022
[HOAKS atau FAKTA]: Melakukan Tes PCR Sama dengan Mendapatkan Vaksinasi
Tangkapan layar soal hoaks melakukan tes PCR sama dengan mendapatkan vaksinasi. (Foto: MP/Turnbackhoax.id)

MerahPutih.com - Beredar sebuah informasi melalui Facebook dalam bahasa Korea yang mengklaim bahwa penelitian di Universitas Johns Hopkins mengembangkan tes PCR dan hasilnya sama seperti mendapatkan vaksinasi.

Dalam unggahan tersebut juga disebut untuk menolak semua tes PCR Universitas Johns Hopkins karena hal tersebut dapat membahayakan pasien, yang terus-terusan mendapatkan vaksinasi jika melakukan tes PCR berulang kali.

SUMBER: Facebook

https://archive.is/CshXs

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Jokowi dan Ma’ruf Amin Jenguk Ade Armando

NARASI:

[Terjemahan dari bahasa Korea]

“#Tes PCR sama dengan mendapatkan vaksin, mereka Tolak semua tes PCR dari Peneliti Johns Hopkins karena berbahaya. Para peneliti di Universitas Johns Hopkins melakukan tes PCR. Menerima itu seperti mendapatkan vaksin. berbicara Penyanyi Sejati Geno. PCR tidak berarti itu berbahaya jika ditolak semuanya!! Sebuah studi Universitas Johns Hopkins mengembangkan bahwa mendapatkan tes PCR seperti mendapatkan vaksin Sumber: Truth Singer Festival.”

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: KAI Buka Lowongan untuk Berbagai Posisi

FAKTA:

Setelah ditelusuri Mafindo, klaim tersebut salah.

Faktanya, dalam penelitian yang dirujuk pada unggahan tersebut tidak ditemukan penyebutan tes PCR, unggahan tersebut telah menyalahartikan (misrepresented) penelitian yang dilakukan Universitas Johns Hopkins pada tahun 2020.

Melalui AFP, juru bicara Universitas Johns Hopkins mengklarifikasi bahwa informasi tersebut merupakan salah dan tidak akurat karena sama sekali tidak ada kaitannya dengan tes PCR dan vaksinasi.

KESIMPULAN:

Dengan demikian, klaim melakukan tes PCR sama dengan mendapatkan vaksinasi merupakan informasi yang salah dan termasuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA] : Vaksin Booster Menyebabkan AIDS

##HOAKS/FAKTA #Vaksinasi
Bagikan
Bagikan