[HOAKS atau FAKTA]: Megawati Pecat Ganjar dari PDIP

Mula AkmalMula Akmal - Sabtu, 04 Februari 2023
[HOAKS atau FAKTA]: Megawati Pecat Ganjar dari PDIP
Tangkap layar konten hoaks. (Foto: Mafindo)

MerahPutih.com- Sebuah unggahan tersebar di media sosial Facebook, yang memperlihatkan video pidato seorang tokoh politik Indonesia, Megawati Soekarnoputri.

Dalam unggahan tersebut, terdapat potongan video dari Megawati yang ditambahi dengan narasi berbunyi, “RESMI: ganjar pr4n0w0 di pecat dari pedeipeh”. Potongan video ini juga menampilkan sosok Megawati yang menyatakan bahwa jika kadernya ada yang bermanuver maka akan dikeluarkan.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Mahfud MD Bongkar Kasus Suap di Balik Sidang Ferdy Sambo

NARASI

“RESMI: ganjar pr4n0w0 di pecat dari pedeipeh”

FAKTA

Namun, setelah menelusuri lebih lanjut, klaim bahwa dari video tersebut Ganjar Pranowo resmi dipecat dari PDIP merupakan klaim yang salah dan tidak berdasar. Pasalnya, potongan video yang terdapat dalam unggahan tersebut bukanlah video tentang pemecatan Ganjar Pranowo dari PDIP.

Dengan melakukan pengecekan gambar menggunakan image search google, maka dapat ditemukan fakta bahwa potongan video tersebut merupakan potongan video pidato dari Megawati Soekarnoputri pada acara Pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP yang digelar di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa, 21 Juni 2022.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Kopi Hitam Bisa Obati Kejang pada Anak

Dalam video aslinya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengingatkan seluruh kader partainya untuk menaati aturan partai dan amanat Kongres PDIP 2019. Aturan ini mengamanatkan calon presiden ditentukan ketua umum.

“Bagi kalian siapa yang berbuat manuver, keluar. Karena apa? Tidak ada dalam PDIP itu yang namanya main dua kaki, main tiga kaki, melakukan manuver,” ujar Megawati.


KESIMPULAN

Jadi dapat disimpulkan, klaim yang menyatakan bahwa Ganjar Praowo resmi keluar dari PDIP merupakan hoaks kategori misleading content atau konten yang menyesatkan. Sebelumnya hoaks tentang keluarnya Ganjar Pranowo dari PDIP juga sempat beredar, namun dengan bentuk yang berbeda. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Jabatan Mahfud MD Dicopot Presiden Jokowi

#PDIP ##HOAKS/FAKTA
Bagikan
Bagikan