[HOAKS atau FAKTA]: Mata Uang Timor Leste Bergambar Pakaian Adat Rote

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 04 Maret 2021
[HOAKS atau FAKTA]: Mata Uang Timor Leste Bergambar Pakaian Adat Rote
Bendera Timor Leste. Foto: Isabel Nolasco

MerahPutih.com - Beredar sebuah postingan dari akun Facebook Zhemy Bessie memposting sebuah gambar uang dengan pakaian Adat Rote yang diklaim adalah mata uang Timor Leste. Postingan tersebut disukai 13 kali, dikomentari 1 kali.

Narasi:

“Butuh bantuan ada yang bisa fasih bahasa tetun/timor leste utk translate informasi. Disinyalir semntara terjadi pengakuan sepihak adat budaya Rote dalam pengggunaan di mata uang pecahan 100 Timor Leste. Tq”

Baca Juga

[HOAKS atau FAKTA]: Menag Keluarkan SK Larangan Bahasa Arab

Cek fakta:

Jesuino Dos Reis Matos C selaku Konsul Republik Demokratik Timor Leste menjelaskan Timor Leste masih menggunakan Dolar Amerika Serikat sebagai mata uang.

Foto: Mafindo

Duta Besar Indonesia Untuk Republik Demokratik Timor Leste, Sahat Sitorus setelah mengonfirmasi pada Banco Central Timor Leste menyatakan bahwa uang tersebut adalah uang palsu.

"Kami akan coba cek ke Banco Sentralnya. Saya belum pernah mendengar informasi tersebut, dan bahkan belum pernah melihat sendiri fisiknya. Akan coba mencari info tentang hal tersebut, sejauh ini mata uang resmi Timor Leste masih Dolar AS dan ada uang logam 100 Centavos atau senilai 1 Dolar AS. Jawaban Bank Central, bahwa itu hoaks," kata Sahat Sitorus.

Kesimpulan:

Melihat dari penjelasan tersebut, klaim uang Timor Leste bergambarkan pakaian Adat Rote adalah tidak benar sehingga termasuk dalam kategori Konten Palsu/Fabricated Content. (Knu)

Baca Juga

[HOAKS atau FAKTA]: Takbier, Bir yang Sempat Jadi Kontroversi Diproduksi di Arab Saudi

##HOAKS/FAKTA #Penyebar Hoaks #Timor Leste
Bagikan
Bagikan