[HOAKS atau FAKTA]: Mantan Ketum PBNU Jadi Cawapres Ganjar

Mula AkmalMula Akmal - Kamis, 14 September 2023
[HOAKS atau FAKTA]: Mantan Ketum PBNU Jadi Cawapres Ganjar
Tangkap layar konten hoaks. (Foto: Mafindo)

MerahPutih.com- Beredar sebuah unggahan video di platform YouTube yang mengeklaim K.H. Said Aqil resmi dipilih menjadi bakal calon wakil presiden (bacawapres) Ganjar Pranowo oleh Megawati dan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Unggahan video tersebut berjudul "TEKA TEKI CAPRES GANJAR TEMUI TITIK TERANG..SOSOK KUAT DI "NU" INI YANG DIPILIH JOKOWI & MEGA". Lalu disertai thumbnail video yang menampilkan mantan Ketum PBNU, K.H. Said Aqil sedang berjabat tangan dengan seorang pria dan disaksikan oleh Ganjar Pranowo.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Megawati Mengusung Ahok sebagai Cawapres Ganjar Pranowo

FAKTA

Faktanya, klaim dalam unggahan video tersebut adalah tidak benar. Dalam thumbnail video yang beredar merupakan hasil suntingan dari foto asli yang termuat dalam situs sultra.kemenag.go.id milik Kementerian Agama Kantor Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara berjudul "Rektor Unusra Dilantik di Jakarta".

Selain itu, narator dalam video membacakan narasi yang termuat dalam salah satu artikel berjudul "Kiai Said Aqil Siradj Bisa Berdampingan Dengan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024." yang diunggah pada 4 Juli 2022.

Sampai saat ini, belum ada informasi valid mengenai pasangan Ganjar Pranowo pada Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2024.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Demokrat Tetap Dukung Anies di Pilpres

KESIMPULAN

Informasi yang menyatakan KH Said Aqil Siradj jadi Cawapres Ganjar dipastikan hoaks.

Sebab, belum ada keputusan apapun dari internal koalisi Ganjar soal siapa orang yang bakal mendampingi mantan Gubernur Jawa Tengah itu jika maju di Pilpres 2024. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Di Australia, Insiden Kehilangan Gravitasi Total Sering Terjadi

##HOAKS/FAKTA
Bagikan
Bagikan