[HOAKS atau FAKTA]: Makam Teroris Imam Samudera Dipindah Terkena Proyek Jalan

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 19 November 2020
[HOAKS atau FAKTA]: Makam Teroris Imam Samudera Dipindah Terkena Proyek Jalan
Ilustrasi hoaks. Foto: Net

MerahPutih.com - Beredar sebuah video oleh akun Youtube Lida Channel dengan keterangan bahwa adanya pemindahan kubur Imam Samudera dikarenakan proyek melebarkan jalan. Postingan ini disukai sebanyak 1 kali dan ditonton sebanyak 9 kali.

Narasi

“Pemindahan kubur Imam Samudera karena projek melebarkan jalan. Setelah 10 tahun mati di tembak oleh firing squad pemerintah indonesia pada tanggal 9 Nov 2008, jenazah pejuang syahid Imam Samudera masih segar ibarat sedang tidur, beliau dijatuhkan hukuman mati karena mengebom kelab malam di Bali pada tahun 2002. ?? Al Fatehah”

Cek fakta

Hoaks ini sudah beredar sejak tahun 2018 dan kembali muncul beberapa kali dengan video dan narasi yang sama.

Foto: Mafindo

Berdasarkan artikel berita detik.com, jenazah pada video tersebut adalah jenazah Yaser Bin M. Thamrin yang merupakan napi teroris di Rutan Gunung Sindur dan meninggal di RSUD Tangerang Selatan karena sakit pada 17 Juli 2018.

“Ini video dari Yaser bin Thamrin, napiter di Gunung Sindur,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal dalam rilisnya pada tanggal 23 Juli 2018 lalu.

Kesimpulan

Melihat dari penjelasan tersebut, pemindahan kubur Imam Samudera dikarenakan proyek melebarkan jalan adalah tidak benar dan termasuk dalam Konten yang Menyesatkan/Misleading Content. (Knu)

##HOAKS/FAKTA
Bagikan
Bagikan