[HOAKS atau FAKTA]: Mahasiswa Demo Turunkan Jokowi saat Pandemi Corona

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 05 Juni 2020
[HOAKS atau FAKTA]: Mahasiswa Demo Turunkan Jokowi saat Pandemi Corona
Ilustrasi. (Foto: MP/Pixabay.com/niekverlaan)

MerahPutih.com - Beredar video aksi unjuk rasa mahasiswa dengan tuntutan agar Presiden Jokowi mundur. Demonstrasi tersebut dilangsungkan belakangan ini di tengah pandemi virus corona.

Akun Marta Cpr Sikumbang (fb.com/idamarimar.idamarimar) membagikan video dari kanal Youtube Suara Mambruk yang diberi judul “selasa 2 Juni 2020 Aksi mahasiswa tuntut Jokowi turun dari presiden”.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA} Pesepeda di Jakarta Meninggal Dunia Kehabisan Nafas karena Pakai Masker

FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta Medcom, klaim bahwa ada aksi unjuk rasa mahasiswa yang menuntut Presiden Joko Widodo mundur pada Selasa, 2 Juni 2020 di Jakarta adalah klaim yang salah.

Faktanya, aksi unjuk rasa di video yang diunggah oleh sumber klaim bukan terjadi pada 2 Juni 2020 dan bukan terjadi di Jakarta. Aksi unjuk rasa di video itu terjadi pada September 2019 dan lokasi unjuk rasa adalah Palembang, Sumatera Selatan.

Tangkapan layar demo mahasiswa turunkan Jokowi saat pandemi COVID-19. (Foto: MP/Turnbackhoax.id)
Tangkapan layar demo mahasiswa turunkan Jokowi saat pandemi COVID-19. (Foto: MP/Turnbackhoax.id)

Video itu diambil di seberang Bank BCA dan Plasa Telkom Palembang, Jalan Kapten A Rivai, Palembang.

Video yang sama sudah beredar pada September 2019. Di antaranya seperti video berjudul “MAHASISWA KOMPAK BERNYANYI” yang diunggah channel Youtube SINGA MAROTA IBRA pada Rabu 25 September 2019.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA] Markas PKI di Kramat Raya Tengah Direnovasi

Seperti diketahui, pada akhir September 2019 terjadi gelombang demonstrasi mahasiswa di berbagai wilayah. Di antaranya Palembang, Makassar, dan Jakarta.

“Sama dengan tuntutan di berbagai daerah, para mahasiswa Palembang ini menolak revisi UU KPK, RUU KHUP, RUU Agraria, RUU Ketenagakerjaan, dan kriminalisasi aktivis,” tulis Tirto.id dalam laporannya pada Selasa 24 September 2019.

KESIMPULAN

Unjuk rasa di video bukan Juni 2020 dan bukan di Jakarta. Aksi unjuk rasa di video itu terjadi pada September 2019 dan lokasi unjuk rasa adalah Palembang, Sumatera Selatan. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA] The Simpson Sudah Ramalkan Kerusuhan di Amerika Serikat

#Demonstrasi
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan